facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berapa Gaji Pramugari Garuda Indonesia? Bisa Sampai Rp30 Juta?

Pebriansyah Ariefana Senin, 07 Februari 2022 | 11:21 WIB

Berapa Gaji Pramugari Garuda Indonesia? Bisa Sampai Rp30 Juta?
Pramugari Garuda Indonesia pakai kebaya Anne Avantie. (Instagram/@anneavantieheart)

Pelayanan yang ramah, penampilan terjaga hingga penguasaan bahasa asing menjadi kunci kemampuan pramugari. Tak heran kalau pramugari saat ini masih menjadi profesi bergengsi.

SuaraJabar.id - Berapa gaji pramugari Gauda Indonesia? Pramugari adalah pekerjaan yang vital di dunia penerbangan. Mereka bertugas menjaga keamanan dan kenyamanan bagi para penumpang.

Pelayanan yang ramah, penampilan terjaga hingga penguasaan bahasa asing menjadi kunci kemampuan pramugari.

Tak heran kalau pramugari sampai saat ini menjadi profesi yang bergengsi.

Seorang pramugari memiliki keuntungan dapat berkeliling daerah dan dunia tanpa mengeluarkan biaya sendiri. Selain itu gaji pramugari pun lumayan besar, apalagi di maskapai tenar macam Garuda Indonesia.

Baca Juga: Diperiksa Kejagung, Peter Gontha Dicecar Pertanyaan Seputar Perannya sebagai Komisaris Garuda Indonesia

Mau tahu gaji pramugari Garuda? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Gaji Pramugari Garuda

Dikutip dari Lifepal, Pramugari Garuda Indonesia dikenal akan kecantikannya, keramahannya dan kepintarannya ketika melayani penumpang.  Tak heran jika gaji yang diterima pramugari Garuda Indonesia mencapai puluhan juta.

Untuk gaji pramugari junior yang baru saja lolos tes, mereka akan diberi gaji sekitar belasan juta rupiah. Dalam pelatihan, mereka bahkan sudah digaji sekitar Rp15 juta per bulan.

Itu belum termasuk uang tambahan dari Garuda. Sementara untuk gaji pramugari Garuda Indonesia yang telah memiliki jam terbang tinggi, bisa mencapai angka Rp30 juta per bulan.

Baca Juga: Pemuda Madura Berhasil Terbangkan Minatur Pesawat Garuda, Tuai Pujian Menteri BUMN: Keren Puol!

Itu belum termasuk bonus lainnya lho. Meski tak disebutkan nominalnya, para pramugari Garuda Indonesia juga akan mendapatkan beberapa tiket gratis pulang pergi termasuk jatah tiket untuk keluarga inti.

Kemudian juga mendapat akomodasi selama di tempat tujuan dan disediakan pula hotel. Mantap kan?

2. Tugas Pramugari 

Tugas pramugari tak hanya menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang. Mereka perlu melakukan banyak hal untuk membantu pilot dan co pilot dalam penerbangan. Berikut beberapa tugas pramugari:

- Mengecek Penumpang

Pramugari bertugas memeriksa tiket para penumpang ketika mereka memasuki kabin pesawat. Hal tersebut untuk memverifikasi tiket penumpang, menjaga keakuratan tiket dengan penerbangan dan antisipasi tiket palsu.

- Pengarahan Keamanan

Pramugari memiliki tugas memberi pengarahan mengenai standar keamanan dan keselamatan khusus, dengan melakukan demonstrasi cara memakainya. Peragaan alat keselamatan ini dilakukan pada saat semua penumpang telah duduk di kursinya masing-masing. Ada beberapa hal yang diarahkan kepada penumpang meliputi, cara memasang sabuk pengaman, menemukan pintu darurat terdekat, hal-hal yang harus dilakukan ketika terjadi turbulensi, cara menggunakan rompi pengaman, dan cara menggunakan masker oksigen yang turun ketika kadar oksigen di dalam pesawat menurun.

- Koordinasi dengan Pilot

Sebelum penerbangan, pramugari akan melakukan pengarahan kepada penumpang yang disampaikan oleh pilot atau kapten. Para awak kabin diberikan informasi terkait kemungkinan-kemungkinan yang terjadi selama penerbangan berlangsung. Hal-hal yang disampaikan biasanya terkait dengan cuaca, turbulensi, durasi penerbangan, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi penerbangan. Selain itu, pramugari juga mengarahkan keselamatan dan persediaan peralatan darurat jika sewaktu-waktu terjadi kendala dalam penerbangan pesawat.

- Pemeriksaan Pesawat

Dalam pekerjaan, pramugari berfokus pada keselamatan dan keamanan penumpang. Jadi pramugari harus memeriksa kondisi kabin pesawat sebelum dilakukan penerbangan. Mereka harus memeriksa alat-alat keselamatan darurat di dalam pesawat, pastikan semua alat tersebut berfungsi dengan baik. Contohnya, alat pemadam kebakaran, rompi keselamatan, masker oksigen, dan lain-lain.

- Memastikan Kenyamanan Penumpang

Setelah pesawat melakukan lepas landas, tugas pramugari adalah menjaga kenyamanan para penumpang. Pramugari akan memeriksa dan terus berpatroli di kabin pesawat untuk memastikan semua penumpang aman dan nyaman. Pramugari juga harus siap ketika mendapat permintaan dari penumpang seperti meminta selimut, memesan makanan, dan juga hal-hal lain yang dibutuhkan penumpang. Pada saat pendaratan pesawat, pramugari juga bertugas mengarahkan para penumpang untuk menegakkan sandaran kursi dan membuka penutup jendela pesawat agar pendaratan berlangsung aman dan nyaman bagi penumpang.

Itulah artikel tentang gaji pramugari Garuda Indonesia dan tugas-tugasnya. 

Kontributor : Alan Aliarcham

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait