Ilustrasi begal menggunakan sepeda motor. (Shutterstock)

Suara.com - Aparat kepolisian meringkus tiga pelaku begal di Kota Depok, tepatnya di Jalan RTM Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis pada Minggu (11/8/2019) siang. Ketiga pelaku yang ditangkap yaitu, MR (25), TI (22), dan JU (18) diketahui merupakan warga Jakarta Timur.

Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Deddy Kurniawan mengatakan kawanan begal melakukan pencurian dengan kekerasan kepada korbannya dengan modus mengambil ponsel.

"Modus para pelaku mencari sasaran orang yang sedang nongkrong di pinggir jalan, untuk diambil ponselnya pelaku turun dari sepeda motor lalu bisa melukai korbannya dengan membacok mengunakan senjata tajam jenis celurit," kata Deddy berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Suara.com, di Depok, Selasa (13/8/2019).

Aksi para pelaku ini kata dia, terbilang berani karena melukai korbannya dalam aksinya.

Kasus ini terungkap ketika tiga korban bernama Muhammad Rizky Fadillah, Ahmad Samsul, dan Riskun, tengah berada di Jalan RTM, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis. Mereka sedang asyik berbincang di pinggir jalan. Tiba-tiba, datang dua sepeda motor yang dikendarai enam pelaku yang berbonceng tiga melintas di depan korban.

"Ketika melintas, satu sepeda motor yang dikendarai pelaku pun pura-pura jatuh hingga ketiga korban membantunya. Saat korban membantu pelaku yang terjatuh, pelaku yang lainnya turun dari atas motor dan langsung membacok korban menggunakan celurit," jelas Deddy.

Deddy mengatakan dua dari tiga korban mengalami luka serius dan harus dibawa ke rumah sakit untuk jalan operasi di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Selanjutnya, anggota mengejar para pelaku sesuai laporan para korbannya atas peristiwa tersebut.

"Walhasil, pelaku pertama yang diamankan berinisial MR alias Wanted, dibekuk di kawasan Setu Babakan, Jagakarsa, dan berhasil mengamankan dua pelaku lainnya berinisial TI dan JU," kata dia.

Para pelaku ini jelasnya, memiliki peran yang berbeda -beda dalam melaksanakan aksinya. Diketahui MR ini berperan membacok korbannya, sementara peran TI dan JU yang menunggu diatas motor.

"Kami masih mengejar ketiga pelaku lainya yang belum tertangkap," kata Deddy.

Kontributor : Supriyadi