Risna Halidi
Ilustrasi keramas, mandi. (Shutterstock)

SuaraJabar.id - Di musim kemarau seperti sekarang, perempuan lebih cenderung apik merawat kulit tubuh agar tetap lembut dan terhidrasi.

Tapi jangan salah, rambut juga memerlukan perawatan khusus saat cuaca terik lho. Dilansir dari Zeenews.com, berikut adalah tips merawat rambut saat musim panas seperti sekarang!

1. Hindari penggunaan kosmetik
Saat cuaca terik, pastikan untuk selalu menghindari perawatan rambut yang menggunakan produk kimia. Ini terjadi karena rambut bisa menjadi rusak dan mengering. Salah satunya adalah hindari mewarnai rambut selama musim panas karena cenderung dapat merusak kualitas rambut.

2 Gunakan pelembab rambut
Untuk melindungi rambut dan menjaga kelembapannya, pastikan selalu menggunakan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut. Anda juga dapat mencoba perawatan deep conditioning alami sekali dalam seminggu untuk mendapatkan kelembapan ekstra pada rambut.

3. Pilih produk yang benar
Selalu gunakan produk dengan khasiat yang dapat menghidrasi dan melembapkan. Hindari produk penata rambut yang memiliki formaldehyde atau alkohol dan produk yang dengan label Volumizing atau Bouncy.

4. Sampo
Pilih produk sampo yang ringan karena kepala akan lebih sering berkeringat. Hal tersebut dapat menyebabkan kulit kepala menjadi berminyak dan mudah berketombe

5. Hindari panas
Tips selanjutnya, hindari panas seperti dari penggunaan pengering rambut, styling iron dan pengeriting saat matahari tengah terik-teriknya.

6. Potong rambut
Jika perlu, potong rambut Anda. Rambut memang cenderung lebih mudah pecah-pecah selama musim panas. Ini bisa jadi cara terbaik untuk 'menghidupkan' kembali rambut.

7. Lindungi dari matahari langsung
Selalu gunakan syal atau topi untuk melindungi rambut dari sengatan sinar matahari. Ini akan memberi perlindungan ekstra UV dan juga dapat membantu kulit kepala menjaga kelembapannya.

8. Gunakan sisir besar
Hindari menggunakan sisir kecil dan pilih lah sisir bergigi lebar. Sisir bergigi lebar lebih lembut untuk rambut yang tidak beraturan dan tidak merusak rambut.