SuaraJabar.id - Buah apel banyak disukai masyarakat dari berbagai kalangan. Manfaat apel pun sangat banyak bagi kesehatan tubuh.
Konsumsi dua apel setiap hari disebut bisa menurunkan kolesterol dalam darah, membantu mencegah serangan jantung, hingga stroke. Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah penelitian yang terbit dalam American Journal of Clinical Nutrition.
Melansir dari Insider, para peneliti dari Edmund Mach Foundation di Italia mengamati 40 orang dewasa dengan kadar kolesterol sedikit tinggi tetapi sehat selama periode tes delapan minggu.
Separuh kelompok diberi makan dua apel sehari, sementara separuh lainnya diberi minuman sari buah apel yang mengandung sejumlah gula dalam dua buah apel.
Studi itu kemudian menemukan bahwa partisipan yang makan dua apel segar sehari mempunyai kolesterol darah yang lebih rendah dibandingkan saat minum jus apel.
Hasil studi ini mendorong para peneliti menyimpulkan bahwa senyawa dalam buah utuh, terutama serat, berperan cukup menjanjikan dalam meningkatkan kesehatan jantung.
Buah apel sendiri kaya akan pektin, jenis serat makanan tertentu yang memengaruhi cara memetabolisme lemak.
Pektin, bersama dengan jenis serat lainnya merupakan sumber makanan yang baik untuk merangsang bakteri sehat di usus manusia yang dikenal sebagai mikrobioma. Bakteri sehat ini juga dikaitkan dengan penurunan berat badan hingga kesehatan mental.
Manfaat apel tidak berhenti sampai di situ. Buah ini juga merupakan sumber polifenol, senyawa antioksidan dalam makanan nabati yang dikaitkan dengan kesehatan keseluruhan. Polifenol terkenal baik untuk menurunkan risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.
Baca Juga: Dikenal Baik untuk Diet, Tapi 5 Asupan Ini Tak Efektif Turunkan Berat Badan
Berita Terkait
Terpopuler
- Demi Ketenangan Almarhum, Orang Tua Affan Kurniawan Mohon Tak Ada Peringatan Setahun Kematian
- Masuk Desil 10 Padahal Penghasilan Pas-pasan? Jangan Panik, Ini Arti dan Penjelasan Resminya
- 12 Ikan Hias Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui, Cocok untuk Akuarium di Rumah
- Jelang FIFA ASEAN Cup 2026, Kevin Diks Tegas Sistem Empat Bek Lebih Cocok
- Mau Terlihat Lebih Muda? Ini 5 Pilihan Warna Lipstik yang Bisa Dicoba
Pilihan
-
Masih Banyak Warga NTT Terjebak di Bawah Reruntuhan Bangunan, 2000 Orang Mengungsi
-
Info Terbaru Gempa NTT: 15 Warga Manggarai Tewas, 280 Bangunan Jadi Puing
-
5 Bandara Rusak Diguncang Gempa NTT, Landasan Pacu Sampai Retak
-
Pesona Masjid Pancasila Kediri: Sederhana di Luar, Bikin Pangling di Dalam
-
Prabowo: Ojol Sekarang Dapat 92 Persen Hasil Kerja, Pendapatannya Naik 3 Kali Lipat
Terkini
-
Duka Bintang Persib: Rumah Orang Tua Saddil Ramdani Ludes Terbakar di Muna Barat
-
Modal Foto AI Berseragam Polisi, Pria di Bandung Tipu Korban dan Bawa Lari Uang
-
1.584 Personel Pasukan Gabungan Gelar Apel Kebangsaan di Bogor, Ada Apa?
-
BRI Consumer Expo 2026 Hadir di Summarecon Bogor, Tawarkan Promo KPR dan KKB Menarik
-
Kebakaran Kawah Wadon Gunung Gede Capai 5,8 Hektare, Pemadaman Masih Berlangsung