Ari Syahril Ramadhan
Pedagang ikan baskoman di Pangandaran, laris manis diserbu para wisatawan saat akhir masa libur panjang, Sabtu (08/01/2022). [HR Online]

SuaraJabar.id - Awal tahun 2022 menjadi momen manis bagi pedagang ikan baskoman di Pantai Pangandaran. Tingginya kunjungan wisatawan berdampak positif pada penjualan mereka.

Dari pantauan, para pedagang ikan baskoman yang biasa mangkal di sekitar area Pantai Timur Pangandaran, dagangannya laris manis diserbu wisatawan.

Kondisi tersebut terjadi sejak libur Natal 2021, libur Tahun Baru 2022 dan berlangsung hingga akhir pekan ini.

Nyai, salah seorang pedagang ikan baskoman di Pangandaran mengatakan, momentum libur panjang saat ini membawa berkah untuk para pedagang baskoman.

Baca Juga: Wisatawan Ini Bergurau Sambil Teriak di Tempat Sakral Nusa Penida Bali, Ini Yang Terjadi

“Selama libur panjang kali ini pendapatan kami mengalami kenaikan. Kalau hari biasa, kami selalu mengandalkan hari libur Sabtu Minggu saja. Karena dari Senin sampai Jumat pembeli agak sepi,” tutur Nyai, Sabtu (8/1/2022).

Ia juga mengatakan, ikan segar yang dijual para pedagang baskoman semuanya dari hasil laut yang masih sangat fresh. Baik ikan maupun udang hasil tangkapan para nelayan.

“Semuanya hasil tangkapan para nelayan yang baru melaut, jadi sangat fresh. Kemudian, untuk harganya juga sangat relatif terjangkau. Sama dengan di tempat lain,” kata Nyai.

Sementara itu, Wati, salah seorang wisatawan asal Bandung mengaku baru pertama kalinya ia belanja hasil laut.

Menurutnya, ikan dan udang maupun hasil laut lainnya yang ia beli dari pedagang ikan baskoman di Pangandaran semuanya masih sangat segar.

Baca Juga: Super Instagenic, di Restoran Ini Pelanggan Bisa Bersantap di Tengah Kolam Ikan

“Saat kita beli di pedagang baskoman, harganya juga sangat terjangkau. Jadi, tak ada salahnya jika para wisatawan mencoba belanja ikan maupun udang dari pedagang baskoman,” singkatnya.

Komentar