Pebriansyah Ariefana
Ilustrasi Shopee Paylater (Suara.com/Hadi)

SuaraJabar.id - Berikut ini tata cara bayar Shopee Paylater atau SPaylater agar terhindar dari denda. Shopee Paylater memberlakukan denda bagi pembayaran yang terlambat.

Kamu bakal menanggung denda lima persen per bulan dari seluruh total tagihan apabila terlambat membayar. Misalnya kamu memiliki total tagihan Rp100.000 sudah termasuk bunga dan biaya penanganan.

Namun, pembayaran pada bulan tersebut terlambat dilakukan. Dengan demikian kamu juga harus menanggung denda lima persen sehingga pembayaran menjadi Rp105.000. Jumlah ini bisa meningkat setiap bulan apabila kamu terus-terusan terlambat membayar.

Selain denda, keterlambatan pembayaran Shopee Paylater akan berdampak pada pembatasan akses fungsi di aplikasi dan penggunaan voucher Shopee.

Baca Juga: 5 Cara Bayar Shopee Paylater Agar Terhindar dari Denda, Perhatikan Momen Berikut

Peringkat kredit di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK akan catat buruk sehingga bisa mempersulit untuk mendapatkan pembiayaan dari bank atau perusahaan lain.

Kamu akan menghadapi penagihan di lapangan yang dilakukan oleh debt collector. Walau akses berbelanja kian mudah pembeli tetap dituntut bijak dalam menggunakan Shopee Paylater.

Pastikan kamu punya kapasitas untuk membayar sebelum memutuskan berutang di Shopee Paylater.

Berikut cara bayar Shopeepay tanpa denda dikutip dari help.shopee.co.id:

1. Pada beranda aplikasi Shopee pilih Shopee Paylater;

Baca Juga: Tanpa Biaya Admin, Ini Cara Membayar Shopee PayLater

2. Klik Bayar Sekarang pada total tagihan yang harus dibayar;

3. Pada menu Tagihan Bulan Depan klik Bayar Lebih Dulu karena kamu tidak akan bisa melunasi tagihan sekaligus.

4. Pilih metode pembayaran yakni Virtual Account lewat bank terdaftar atau datang ke Indomaret.

5. Tunggu konfirmasi dari aplikasi jika pembayaran berhasil dilakukan. Konfirmasi biasanya akan muncul dalam 1 x 24 jam.

Pada intinya cara bayar Shopeepay tanpa denda adalah membayar tagihannya tepat waktu. Jika tidak, denda yang dikenakan pun cukup besar. Selain denda pemakai layanan ini juga akan dikenai bunga.

Cicilan dan Bunga Shopee Paylater

Shopee Paylater memiliki sistem waktu cicilan yakni tiga bulan, enam bulan, dan satu tahun. Biaya cicilan Shopee Paylater terdiri dari cicilan pokok dan suku bunganya sebesar minimal 2,95 persen per bulan untuk program Beli Sekarang Bayar Nanti. Di samping itu ada pula biaya penanganan sebesar satu persen dari total pembelian.

Sebagai contoh apabila kamu membeli barang seharga Rp100.000 yang akan dibayar lewat sistem Shopee Paylater satu bulan maka kamu harus membayar Rp103.950. Biaya itu terdiri dari utang pokok Rp100.000, bunga 2,95 persen atau Rp2.950. dan biaya penanganan Rp1.000.

Demikian tata cara bayar Shopee Paylater atau SPaylater.

(Nadia Lutfiana Mawarni)

Komentar