Fitri Asta Pramesti | Chyntia Sami Bhayangkara
Ilustrasi ikan lele. (Pixabay/Bishnu Sarangi)

SuaraJabar.id - Sebuah keluarga belakangan jadi sorotan usai video mereka saat melepaskan dua karung berisis ikan lele hidup ke sungao beredar di media sosial. 

Aksi keluarga  ini rupanya menuai perbedabatan di kalangan warganet. Sebagian menganggap apa yang dilakukan mereka kurang tepat lantaran dinilai dapat merusak ekosistem sungai

Hal ini diketahui dari akun TikTok @babythaliii yang mengunggah rekaman detik-detik keluarga ini membebaskan ikan lele ke arus sungai. 

Pelepasan ratusan ekor ikan lele itu dilakukan sebagai upaya untuk menyelamatkan dan membebaskan lele ke habitat aslinya.

Baca Juga: Sungai Sembakung Nunukan Meluap, Masjid, Posyando, Rumah Terendam

Dalam video tersebut, tampak satu keluarga mendatangi tepi sungai yang alirannya cukup deras sambil membawa dua karung berukuran besar.

Setelah tiba di bibir sungai, salah seorang anggota keluarga membuka karung tersebut dan mengeluarkan ratusan ekor lele yang ada di dalamnya.

Aksi serupa juga dilakukan terhadap satu karung berisi lele lainnya.

Lepas ikan lele ke sungan (TikTok)

Ia berharap dengan melepaskan ribuan ekor ikan lele tersebut dapat membuat makhluk hidup itu bahagia bisa kembali ke habitat mereka.

"Semoga semua makhluk hidup berbahagia," tulisnya seperti dikutip Suara.com, Selasa (19/1/2021).

Baca Juga: Sungai Sembakung di Kabupaten Nunukan Meluap, Warga Kebanjiran

Video tersebut langsung viral di media sosial dan menjadi sorotan publik.

Aksi melepaskan ikan lele ke sungai itu mendapatkan banyak apresiasi dari warganet, meski demikian tak sedikit pula warganet yang mencibir.

Lepas ikan lele ke sungan (TikTok)

"Saran kak kalau ikan bukan asli situ jangan asal lepas, bisa rusak ekosistem dan itu juga ikan lele (invasif) lele sama nila)," ujar tanda tanya.

"Kalau di situ bukan habitat ikan lele akan merusak habitat asli ikan di situ mba pintar," kata Luckypunchh.

"Ikan lele dilepas ke sungai enggak berbahaya, aneh orang-orang ini. Yang bahaya itu Arapaima, buaya, ular, piranha, lintah, kalau lele tidak bahaya," tuturnya Obiobi2 Obi.

Salah seorang warganet menjelaskan, aksi yang dilakukan keluarga tersebut merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh umat Budha.

"Yang enggak paham, ini namanya Fangsen (membebaskan makhluk hidup ke habitatnya) ini salah satu kegiatan umat Budha dan memang melepas lele biasanya," ujar Teddy.

Komentar