Pebriansyah Ariefana
Ilustrasi wawancara kerja.[Pixabay.com]

SuaraJabar.id - Zaman sekarang sulit cari kerja, begitu dapat ada tantangan lain yang harus dilewati yaitu wawancara kerja. Berikut kami berikan cara lolos wawancara kerja hingga diterima oleh perusahaan.

Paling tidak ada 5 cara lolos wawancara kerja. Tips lolos wawancara kerja ini perlu dibaca baik-baik.

Beikut cara lolos wawancara kerja:

1. Bawa Berkas yang Diperlukan

Baca Juga: 8 Jurusan yang Mudah Cari Kerja, Referensi untuk Pilih Prodi SNMPTN dan SBMPTN

Tips lolos wawancara kerja yang terakhir adalah dengan membawa semua berkas yang diperlukan.

Terkadang wawancara kerja dibarengi dengan pengecekan berkas tertentu.

Untuk itu, jangan sampai berkas-berkas penting itu tertinggal. Jika perlu, pastikan semua berkas satu hari sebelum jadwal wawancara kerja.

2. Bicara dengan Penuh Percaya Diri

Hal penting ketika menjawab pertanyaan dalam wawancara kerja adalah menjawab pertanyaan dengan percaya diri. Dengan demikian, jawabanmu atas pertanyaan yang diajukan pihak HRD bisa lebih terlihat meyakinkan.

Baca Juga: 5 Tips Lolos Wawancara Kerja, Ini yang Harus Diperhatikan Selain Cara Bicara

Dalam wawancara, pastikan kamu menunjukkan semua kemampuan dan kapasitas di bidang yang ingin kamu geluti. Perhatikan pula intonasi dan kejelasan nada bicara, jangan bicara dengan tertawa, atau gugup. Tidak diperbolehkan pula menggunakan nada yang meremehkan orang lain.

3. Perhatikan Penampilan

Datanglah ke wawancara kerja dengan penampilan profesional. Gunakan baju formal yang rapi dan sopan. Jangan sekali-sekali menggunakan pakaian terbuka, terlalu pendek, atau bahkan terlalu panjang yang tidak sesuai dengan kultur perusahaan.

Tidak hanya baju pastikan pula tatanan rambut, jilbab, dan sepatu. Kamu juga harus menaruh perhatian pada bau badan atau aroma menyengat tertentu.

4. Datang Tepat Waktu

Selain komponen dalam wawancara, penting untuk calon karyawan memperlihatkan etika yang baik. Etika bisa tercermin dengan datang tepat waktu ketika sesi wawancara.

Dengan demikian, sediakan waktu beberapa saat untuk perjalanan dari rumah ke lokasi wawancara. Kamu tidak diperkenankan telat sedikit pun untuk melakukan wawancara kerja.

5. Lakukan Riset

Tips lolos wawancara kerja yang penting namun jarang dilakukan kandidat adalah melakukan riset terhadap perusahaan.

Riset berguna sebagai persiapan materi dan menunjukkan bahwa kamu memang benar-benar memiliki ketertarikan terhadap perusahaan ini.

Kamu juga bisa nyambung jika interviewer bercerita soal background perusahaan. Selain soal perusahaan, lakukan riset terhadap tugas pada posisi yang kamu lamar.

Pastikan ketika kamu ditanya, kamu bisa menguasai sebagian besar bidang kerjamu kelak.

Riset ini menjadi lebih penting bagi lulusan baru karena belum pernah terjun di bidang pekerjaan itu sebelumnya.

Demikian cara lolos wawancara kerja dan tips wawancara kerja. Semoga bermanfaat.

(Nadia Lutfiana Mawarni)

Komentar