Jelang Mudik 2019, PT KAI Tambah KA Pangrango Relasi Bogor - Sukabumi

Chandra Iswinarno
Jelang Mudik 2019, PT KAI Tambah KA Pangrango Relasi Bogor - Sukabumi
Penambahan frekuensi perjalanan KA Pangrango diresmikan di Stasiun Bogor, Jawa Barat pada Selasa (14/5/2019). [Suara.com/Rambiga]

KA Pangrango melayani penumpang dari Bogor-Sukabumi hanya enam kali perjalanan dalam satu hari, sekarang jadi 12 kali perjalanan.

Suara.com - Jelang musim mudik Lebaran 2019, PT Kereta Api Indoneisa (KAI) menambah frekuensi perjalanan KA Pangrango relasi Bogor - Sukabumi. Kereta tersebut akan ditarik oleh lokomotif baru CC300 diesel hidrolik buatan PT INKA, Madiun.

"Selama ini, KA Pangrango melayani penumpang dari Bogor-Sukabumi hanya enam kali perjalanan dalam satu hari, sekarang jadi 12 kali perjalanan," kata EVP PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Dadan Rudiansyah, di Stasiun Bogor, Selasa (14/5/2019).

Dadan menambahkan, rangkaian KA Pangrango tambahan ini memiliki kapasitas tempat duduk sama dengan dua kereta sebelumnya yakni satu kereta eksekutif dengan kapasitas 50 tempat duduk dan empat kereta ekonomi dengan 474 tempat duduk.

"Harga tiketnya juga masih sama dengan KA Pangrango lain Rp 80 ribu untuk kelas eksekutif, dan Rp 35 ribu untuk kelas ekonomi," tambah Dadan.

Yang menarik adalah kereta ini akan ditarik oleh lokomotif baru CC300 diesel hidrolik buatan PT INKA. Lokomotif tersebut cocok untuk medan pegunungan seperti yang terdapat di jalur Bogor-Sukabumi.

"Lokomotif ini cocok untuk medan menanjakndan berkelok seperti di jalur relasi Bogor-Sukabumi ini dan juga mampu menerjang banjir karena batas toleransi ketinggian air maksimal 25 centimeter," jelasnya.

Dengan adanya KA Pangrango tambahan ini, pihaknya berharap dapat mempermudah dan meningkatkan pelayarnan kepada masyarakat yang menggunakan jasa angkutan kereta api relasi Bogor-Sukabumi terlebih menjelang musim mudik Lebaran 2019.

"Rata-rata okupansi KA Pangrango pada akhir pekan mencapai 97 persen, sementara hari kerja 86 persen. Dengan adanya tambahan jadwal ini, kami berharap masyarakat dapat mudah melakukan perjalanan dari Bogor ke Sukabumi maupun sebaliknya," tutup Dadan.

Kontributor : Rambiga

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS