Cuaca Ekstrem, Puncak Gunung Pangrango Diselimuti Salju

Chandra Iswinarno
Cuaca Ekstrem, Puncak Gunung Pangrango Diselimuti Salju
Pendaki tunjukan es di puncak Gunung Pangrango Jawa Barat. [Sukabumi Update/Istimewa]

Titik beku tersebut terjadi di kawasan Puncak Gede Pangrango pada dalam sepekan terakhir.

Suara.com - Titik beku yang terjadi akibat cuaca ekstrem di Gunung Pangrango membuat puncak gunung yang berada di Jawa Barat tersebut diselimuti salju. Kawasan puncak gunung yang terselimuti salju tersebut terpantau di Alun-alun Suryakencana.

Hal tersebut dikatakan salah satu relawan Gunung Gede Pangrango Firman kepada Sukabumiupdate.com - jaringan Suara.com pada Jumat (28/6/2019).

"Saya dapat kabar dari rekan pendaki dan rekan rekan di wilayah jalur gunung putri bogor bahwa cuaca di alun alun suryakencana sudah mencapai titik beku," katanya di Sukabumi.

Firman menjelaskan titik beku tersebut terjadi di kawasan Puncak Gede Pangrango pada dalam sepekan terakhir.

"Prediksinya suhu di kawasan puncak dan alun alun suryakencana bisa dibawah nol derajat, makanya banyak ditemukan bunga es," ujarnya

Dikemukakan Firman, ketinggian kawasan yang diselimuti salju tersebut berada di ketinggian antara 2.600 hingga 3.000 meter di atas permukaan air laut.

"Bunga es ini banyak ditemukan di dua kawasan tersebut. Cuaca dengan suhu ekstrim ini biasanya berlangsung dari tengah malam, sekitar Pukul 02.00 WIB hingga pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB," sambung Firman.

Meski begitu, Ia menjelaskan kondisi tersebut juga pernah terjadi tahun lalu. Saat musim kering mulai melanda kawasan Jawa Barat Selatan khususnya Sukabumi.

Informasi ini dibagikan Firman di akun facebooknya, dengan mencantumkan video dari pendaki yang tengah menikmati bunga es di alun alun suryakencana Gunung Gede Pangrango.

Dalam video tersebut, tiga pendaki memperlihatkan salju yang dikumpulkan dari bagian luar tenda mereka. Salju yang menempel di tenda para pendaki ini terlihat terkumpul hingga memenuhi dua tangan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS