Warga Bogor Barat Dihebohkan Penampakan Buaya

Chandra Iswinarno
Warga Bogor Barat Dihebohkan Penampakan Buaya
Petugas SAR melakukan pencarian buaya di Sungai Cibanten. [Suara.com/Rambiga]

Buaya itu kerap menampakan diri berjemur di tepian Kali Cibanten pagi hari.

Suara.com - Warga Bogor dibuat resah dengan kemunculan sosok buaya di aliran Kali Cibanten tepatnya di Jalan Dongseng RT 03/RW 05 Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat.

Menurut salah satu warga sekitar, Daup mengatakan sosok buaya tersebut sudah terlihat warga sejak Mei 2019 lalu. Buaya itu kerap menampakan diri berjemur di tepian Kali Cibanten pagi hari.

"Saya lihatnya sih dari sebelum puasa kemarin, banyak juga yang lihat. Saya kan cuci steam motor di sini. Pas lagi nyuci motor lihat dia (buaya) suka muncul pagi, berjemur gitu," kata Daup, Selasa (16/7/2019).

Daup menambahkan, warga berhasil menangkap satu ekor buaya dari aliran kali tersebut berukuran sekitar 40 sentimeter. Buaya itu pun sudah diserahkan ke pihak berwenang pada Senin 15 Juli 2019 kemarin.

"Udah tertangkap satu ekor, sempat dipelihara juga. Tapi kemarin dari Babinsa sama badan konservasi datang mengambil buaya itu," tambahnya.

Ia pun memperkirakan masih terdapat dua ekor buaya lainnya di aliran Kali Cibanten. Daup berharap agar buaya itu segera ditemukan karena dikhawatirkan semakin besar dan membahayakan warga.

"Kemungkinan ada dua lagi ekor lagi buayanya, soalnya saya lihatnya beda-beda ukurannya. Semoga cepet tertangkap, ngeri soalnya," ungkapnya.

Sementara itu, Petugas Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Maruli mengatakan pihaknya sudah memasang jaring di sekitar lokasi untuk menangkap buaya tersebut.

"Kita juga coba susuri gorong-gorong di sepanjang aliran ini. Kemungkinan sembunyi di situ," ujar Maruli.

Ia pun belum mengetahui secara pasti asal muasal keberadaan buaya itu di aliran kali. Saat ini, pihaknya masih terus mencari dua ekor buaya lainnya yang diduga masih bersembunyi di sekitar lokasi.

"Kemungkinan ada dua ekor lagi, satu ekor berukuran diperkirakan 60 sentimeter, dan satu ekor lagi ukuran 80-90 sentimeterdan itu yang paling besar," tutupnya.

Kontributor : Rambiga

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS