Buka Lapak Hewan Kurban di Area Pedestrian Bekasi, Siap-siap Digaruk Satpol

Chandra Iswinarno
Buka Lapak Hewan Kurban di Area Pedestrian Bekasi, Siap-siap Digaruk Satpol
Lapak hewan kurban di jalan Letnan Arsyad, Kayuringin, Bekasi Selatan. [Suara.com/M Yacub Ardiansyah]

Jika imbauan itu tidak diindahkan, pemkot bakal menindak tegas para pedagang hewan yang nekat menggunakan fasilitas pejalan kaki.

Suara.com - Jelang Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah, Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, membuat surat imbauan kepada seluruh pedagang hewan kurban untuk tidak menggunakan pedestrian sebagai lapak dagang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Abi Hurairah mengaku telah mendapat laporan dari masyarakat soal penggunaan pedestrian oleh para pedagang musiman hewan kurban.

"Masyarakat risih karena bau yang menyengat dan meminta pemerintah untuk melakukan peneguran atau pemindahan ke lahan kosong yang jauh dari ruas jalan," katanya saat ditemui Suara.com di kantornya pada Kamis (8/8/2018).

Abi mengaku telah mengintruksikan jajarannya untuk menyisir 56 kelurahan di 12 kecamatan yang ada di Kota Bekasi. Dalam atensinya, Abi meminta kepada anak buahnya untuk melakukan peneguran terhadap pedagang hewan kurban yang menggunakan fasilitas pejalan kaki.

"Sudah saya buat surat edaran itu kemarin, sekarang mungkin sudah mutar anak-anak (petugas Satpol PP). Kita berikan penyuluhan peringatan untuk pindah bagi yang menggunakan pedestrian dan bahu jalan sebagai lapak hewan kurban," ujar dia.

Sebab, lanjutnya, pemanfaatan pedestrian dan bahu jalan sebagai lapak dagang hewan kurban selain mengeluarkan bau tak sedap juga akan merusak estetika kota.

"Selain merusak estetika kota, juga mengganggu pejalan kaki, juga pengguna kendaraan yang melintas karena bau yang menyengat," kata dia.

Jika imbauan itu tidak diindahkan, pemkot bakal menindak tegas para pedagang hewan yang nekat menggunakan fasilitas pejalan kaki.

"Jika nekat, kami akan tertibkan bersama dengan kepolisian," imbuhnya.

Abi mengimbau pedagang hewan kurban untuk memanfaatkan lahan kosong di beberapa titik di pinggiran jalan.

"Kami tidak melarang orang berjualan, tapi harus menjaga kebersihan dan tak mengganggu orang lain," pungkasnya.

Kontributor : Mochamad Yacub Ardiansyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS