Bahas Tantangan Pembangunan, 28 Kepala Daerah Hadiri Mayor Caucus di Bogor

Dwi Bowo Raharjo
Bahas Tantangan Pembangunan, 28 Kepala Daerah Hadiri Mayor Caucus di Bogor
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. (Suara.com/Bima Arya)

"Jadi garis besarnya diskusi nanti akan mencakup tantangan, langkah-langkah perbaikan, bentuk kolaborasi antar daerah yang paling sesuai."

Suara.com - Sekitar 28 kepala daerah di seluruh Indonesia bakal mengikuti Mayor Caucus 2019 yang bakal digelar di Balai Kota Bogor, Jawa Barat pada Senin (9/9/2019) besok. Mayor Caucus merupakan kegiatan pertemuan para wali kota yang bertujuan untuk mendiskusikan tantangan dalam pembangunan perkotaan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Kongres Perencanaan Kota Sedunia atau International Society of City and Regional Planners (ISOCARP) yang rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo di IPB International Convention Center (IICC), Mall Botani Square, Kota Bogor, pada siang harinya.

"Hingga Minggu malam, sudah konfirmasi akan dihadiri oleh 28 kepala daerah se-Indonesia. Dikonfirmasi juga ada Kang Emil (Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat) akan hadir besok," kata Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, Minggu (8/9/2019).

Bima menuturkan, kegiatan Mayor Caucus 2019 memberikan ruang bagi para wali kota untuk dapat mendiskusikan peran kota-kota dan kepemimpinan daerah dalam menyukseskan pencapaian tujuan di dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

"Jadi garis besarnya diskusi nanti akan mencakup tantangan, langkah-langkah perbaikan, bentuk kolaborasi antar daerah yang paling sesuai, dan dukungan yang perlu diberikan dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan," jelas Bima.

Dipenghujung acara, nantinya akan dibacakan kesimpulan dari pembahasan yang sekaligus dituangkan dalam Komunike Bersama.

Komunike Bersama ini akan ditandatangani oleh seluruh Wali Kota yang hadir sebagai wujud komitmen untuk mendorong pencapaian kota-koya dan permukiman yang inklusif, aman, tangguh serta berkelanjutan.

"Komunike Bersama dibacakan di Pembukaan 55th ISOCARP World Congress yang akan dibuka Presiden Jokowi di IICC, Botani Square Bogor," tutup Bima.

Kontributor : Rambiga

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS