Bakal Jadi Penyangga Ibu Kota Negara, Ini Permintaan Wali Kota Balikpapan

Chandra Iswinarno
Bakal Jadi Penyangga Ibu Kota Negara, Ini Permintaan Wali Kota Balikpapan
Wali Kota Balikpapan Rizal Efendi. [Suara.com/Rambiga]

Wali Kota Balikpapan meminta pemerintah pusat bisa menyediakan sumber daya alam (SDM) juga pembangunan infrastruktur kereta api dan trem.

Suara.com - Wali Kota Balikpapan Rizal Efendi tak ingin hanya menjadi penonton dalam proses pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. Ia pun meminta kepada pemerintah pusat untuk memperhatikan pembangunan daerah calon penyangga ibu kota.

"Kita kan sebagai calon kota penyangga belum punya pengalaman dan selama ini belum dikasih penjelasan dari Bappenas. Padahal Balikpapan yang akan paling sibuk, ini gambaran terbesar. Kedua kami enggak mau jadi penonton saja dalam pemindahan ini," kata Rizal saat ditemui di Balai Kota Bogor, Senin (9/9/2019).

Lantaran itu, ia meminta kepada pemerintah pusat bisa menyediakan sumber daya alam (SDM) juga pembangunan infrastruktur kereta api dan trem.

"Pendidikan untuk penyediaan SDM kita ada Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Kita minta agar ITK jadi proyek nasional untuk penyediaan SDM agar dioperasionalkan lebih besar. Transportasi juga menjadi gagasan, kita meminta trem dan kereta api. Harusnya sudah digagas sebelum pemindahan ibu kota. Jadi kalau enggak nanti Balikpapan jadi karam," ungkap Rizal.

Menurut Rizal, hal itu tidak terlepas pentingnya Kota Balikpapan sebagai calon daerah penyangga ibu kota. Pihaknya pun terus melakukan berbagai persiapan untuk menyambut Ibu Kota yang baru.

"Belum dapat penjelasan resmi dari Bappenas dan ATR tentang daerah penyangga, padahal penting. Daerah penyangga menjadi pusat kegiatan, nanti Balikpapan sebagai jalur logistik orang-orang lewat sana. Sejauh ini sedang kami siapkan," katanya.

Kontributor : Rambiga

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS