Ini Kronologis Kaburnya Tahanan Wanita Saat akan Sidang di PN Bandung

Chandra Iswinarno
Ini Kronologis Kaburnya Tahanan Wanita Saat akan Sidang di PN Bandung
Ilustrasi tahanan perempuan. [Shutterstock]

Tanpa sepengetahuan pengawal tahanan, Serli memisahkan diri dan berbaur dengan pengunjung sidang.

SuaraJabar.id - Seorang tahanan wanita bernama Serli Herawati dikabarkan melarikan diri saat akan menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung pada Kamis (27/2/2020).

Saat dikonfirmasi, Kasi Pidum Kejari Bandung Guntur Wibowo menuturkan kronologis kaburnya tahanan kawalan kejaksaan tersebut. Guntur mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 09.22 WIB. Saat itu, mobil tahanan masuk lingkungan PN Bandung, kemudian pengawal tahanan menurunkan 16 tahanan perempuan dan dua tahanan anak dari dalam mobil.

"Mereka kami giring ke dalam gedung PN Bandung melalui pintu yang biasa digunakan keluar masuk tahanan ke arah lorong ruang sidang 5 dan 6 yang kondisinya saat itu pengunjung sidang sudah banyak," kata Guntur saat dikonfirmasi melalui pesan singkat pada Jumat (28/2/2020).

Kemudian, tanpa sepengetahuan pengawal tahanan, Serli memisahkan diri dan berbaur dengan pengunjung sidang. Ketika dilakukan pengecekan antarpetugas pengawal tahanan, diketahui ada satu tahanan perempuan yang tidak berada di tempat. Saat itu juga, semua petugas pengawal tahanan bergerak menyisir dan mencari yang bersangkutan.

Namun karena jumlah pengunjung sidang hari itu cukup banyak sehingga menyulitkan pencarian. Sampai dengan saat ini sedang berupaya mencari dan melacak keberadaan tahanan tersebut serta melakukan kordinasi dengan instansi terkait.

"Kami berharap untuk segera menyerahkan diri, serta apabila ada masyarakat yang mengetahui keberadaan yang bersangkutan agar sesegera mungkin melaporkannya kepada kami atau kepada pihak kepolisian yang terdekat," katanya.

Untuk diketahui, Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar Abdul Haris menyebutkan tahanan tersebut dijemput pihak Kejaksaan untuk keperluan sidang di Pengadilan Negeri Bandung.

"Surat dari Kejaksaan Negeri Kota Bandung No. B-025/M.2.10/Epp.1/02/2020 tanggal 25 Februari 2020 Perihal Bantuan Pemanggilan Terdakwa, telah dilaksanakan pengeluaran 16 orang tahanan untuk keperluan sidang di Pengadilan Negeri Bandung," kata Abdul Haris saat dikonfirmasi melalui pesan singkat pada Jumat (28/2/2020).

Namun sekembalinya dari kejaksaan, pengawal hanya menerima 15 tahanan. Satu tahanan, diketahui dalam keterangannya melarikan diri. Abdul mengatakan tahanan yang kabur bernama Serli Herawati.

Tahanan tersebut teregister dengan nomor AIII09/20 dalam perkara 362 KUHP. Disinggung soal akan turut melakukan pencarian terhadap tahanan itu, Abdul menegaskan hal itu merupakan ranah kejaksaan.

Kontributor : Cesar Yudistira

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS