2 Anjing Warga Depok Positif Virus Corona Dicurigai Terjangkit Covid-19

Pebriansyah Ariefana
2 Anjing Warga Depok Positif Virus Corona Dicurigai Terjangkit Covid-19
Anjing peliharaan yang diduga terinfeksi virus corona (Pixabay)

Langkah awal yang dilakukan adalah mengambil sampel swap ketiga hewan tersebut.

SuaraJabar.id - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok turut membantu mengobservasi tiga hewan peliharaan milik warga Depok positif virus Corona (Covid-19) usai rumahnya disemprot disinfektan pada Senin (2/3/2020) malam.

Langkah awal yang dilakukan adalah mengambil sampel swap ketiga hewan tersebut.

"Ada tiga hewan peliharaan, dua ekor anjing dan satu ekor kelinci yang kami ambil sample untuk memastikan hewan-hewan tersebut tidak terjangkit Covid-19. Kami siap untuk mengobservasi dan monitor terus kesehatan hewan-hewan ini,” kata Kepala DKPPP Diah Sadiah di Depok, Rabu (4/3/2020)

Dirinya menjelaskan, untuk menguji sampel tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Laboratorium Penyidikan dan Pengujian Veteriner di Balai Veteriner Subang. Diperkirakan uji laboratorium berlangsung kurang lebih 14 hari.

“Setelah hasilnya keluar, kami baru bisa mengambil langkah selanjutnya. Saat ini dilakukan uji lab dulu,” jelasnya.

Selain mengambil sampel swap. Lanjut Diah, DKPPP tetap memperhatikan kesejahteraan hewan-hewan ini. Seperti memberikan makan dan mengecek kesehatan mereka.

“Apabila hasilnya terbukti positif terpapar virus Corona, kami akan mengambil langkah selanjutnya sesuai SOP kesejahteraan hewan. Jika sebaliknya, hewan-hewan ini harus tetap hidup seperti biasa,” pungkasnya.

Kontributor : Supriyadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS