Pasien Positif Virus Corona Pertama di Sukabumi

Pebriansyah Ariefana
Pasien Positif Virus Corona Pertama di Sukabumi
Ilustrasi perawat virus corona. [Paolo Miranda/BBC]

Seorang lelaki.

SuaraJabar.id - Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengkonfirmasi kasus pertama seorang warganya yang dinyatakan positif virus corona. Saat ini sudah dalam perawatan instensif.

"Dari 13 sampel yang diperiksa satu dinyatakan positif COVID-19, sehingga ini merupakan kasus pertama di Kabupaten Sukabumi. Warga berjenis kelamin pria tersebut sudah diisolasi dan mendapatkan perawatan di RSUD Sekawangi Cibadak," Ketua Satgas Gugus Kerja Pencegahan COVID-19 Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri di Sukabumi, Selasa (24/3/2020).

Ia yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi menambahkan untuk update jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) masih tetap yakni 20 orang, selesai pengawasan sebanyak empat dan 16 orang masih dalam pengawasan.

Kemudian untuk orang dalam pemantauan (ODP) jumlahnya meningkat yang pada Senin, (23/3/2020) ada 86 orang di Selasa, (24/3/2020) jumlahnya menjadi 109 orang, selesai pemantauan 30 orang dan masih dipantau 79 orang.

Menurutnya, dari 13 sampel yang diperiksa delapan negatif, satu positif dan empat lainnya masih dalam proses. Diharapkan kasus pertama positif COVID-19 ini menjadi yang terakhir dan pasien pun bisa kembali sembuh.

Sementara, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menambahkan dengan adanya warga yang positif, pihaknya saat ini sedang melakukan kajian dan menelaah agar proses penanganan pasien tersebut bisa terpantau baik.

Selain itu, dirinya menginstruksikan kepada petugas di puskemas untuk mendata warganya yang positif itu untuk mengetahui mobilisasi sebelum dinyatakan positif virus mematikan ini.

"Mudah-mudahan kita bisa mempersempit ruang, sehingga penyebaran virus corona ini bisa berkurang dan terdeteksi dengan baik. Kemudian kita pun memantau pelaksanaan penanggulangan di dua rumah sakit yakni RSUD Sekarwangi dan Palabuhanratu," tambahnya. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS