Indeks Terpopuler News Lifestyle

Gara-gara Corona, TPU di Bogor Sepi Peziarah Jelang Ramadan

Agung Sandy Lesmana | Bagaskara Isdiansyah Senin, 20 April 2020 | 14:21 WIB

Gara-gara Corona, TPU di Bogor Sepi Peziarah Jelang Ramadan
Penampakan peziarah di TPU Kayu Manis, Kota Bogor, Jawa Barat. (Suara.com/Bagaskara)

"...Pada takut ke sini (makam)."

SuaraJabar.id - Pandemi virus Corona (Covid-19) memberikan dampak kepada kebiasaan masyarakat. Salah satunya, yakni rutinitas ziarah kubur yang biasa dilakukan setiap memasuki bulan suci Ramadan.

Seperti di Taman Pemakaman Umum (TPU) Kayu Manis, Kota Bogor, Jawa Barat. Peziarah di TPU Kayu Manis jelang bulan suci Ramadan pada tahun 2020 ini tidak terlihat ramai seperti pada Ramadan sebelumnya.

"Yang ziarah enggak seramai biasanya. Ini kan masih ada tapi sedikit sih karena kan juga dibatasi gara-gara Corona," kata salah satu petugas kebersihan TPU Kayu Manis saat berbincang dengan Suara.com pada Senin (20/4/2020).

Menurutnya, kekinian warga lebih memilih tinggal diam dan mengirim doa melalui rumahnya masing-masing. Apalagi, katanya, saat ini kawasan tempat tinggal warga yang ditutup.

"Kemarin sih banyak yang telepon juga bilang 'pak maaf ya saya gak bisa ke makam. Kondisi lagi Corona begini banyak juga jalan ditutup'. Pada takut ke sini (makam)," kata dia.

Lebih lanjut, adapun masih ada beberapa warga yang terlihat berziarah ke TPU Kayu Manis, menurutnya itu hanya warga sekitar yang masih diperbolehkan.

"Cuma warga sekitar yang datang ziarah ke sini," tutupnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait