Kebun Binatang Bandung Dapat Bantuan Dana dari Pemkot untuk Pakan Satwa

Chandra Iswinarno
Kebun Binatang Bandung Dapat Bantuan Dana dari Pemkot untuk Pakan Satwa
Salah satu koleksi satwa di Kebun Binatang Bandung. [Suara.com/Emi La Palau]

Selain itu, Wali Kota Oded juga mengajak masyarakat dan komunitas lainnya untuk membantu memberikan donasi kepada Kebun Binatang Bandung.

SuaraJabar.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelontorkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu Kebun Binatang di Ibu Kota Jawa Barat (Jabar) tersebut untuk pemenuhan pangan satwa koleksinya.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengungkapkan, pihaknya mencoba mencarikan dana bantuan CSR senilai Rp 100 juta. Oded berharap, bantuan tersebut dapat membantu Yayasan Kebun Binatang untuk bisa bertanggung jawab kepada satwa koleksinya.

“Mencoba mencarikan dana CSR untuk diberikab kepada pihak yayasan dari bank Jabar 100juta, kami berharap bisa membantu dari pihak yayasan untuk bisa bertanggung jawab kepada binatang,” kata Oded ditemui di Pendopo Kota Bandung, Kamis (14/5/2020).

Selain itu, Oded juga mengajak masyarakat dan komunitas lainnya untuk membantu memberikan donasi kepada Kebun Binatang Bandung.

“Kami mengajak masyarakat dan komunitas untuk bisa membantu,” ungkap Oded.

Ketua Yayasan Kebon Binatang Bandung John Sumampau mengucapkan rasa syukur dan terima kasih dengan kepedulian Pemkot Bandung kepada kebun binatang di tengah pandemi.

“Sangat terharu dari pak Wali untuk terus memikirkan kebun binatang yang terkena dampak, dan memiliki kepedulian terhadap kebon bintang,” ungkap John.

Sejak ditutup pada 21 Maret 2020 lalu, Kebon Binatang Bandung tidak memiliki pemasukan. Sehingga kesulitan untuk memberi makan kepada satwa di kebon binatang.

Hingga saat ini, pakan yang sulit yakni daging untuk hewan karnivora, jenis rumput juga diakui sulit didapat. John mengungkapkan dana Rp 100 juta hanya untuk 10 hari.

“Kebutuhan per hari sekitar 10 juta, Saat ini daging sulit, jenis rumput juga sulit,” kata John.

Untuk menanggulangi krisis saat pandemi, Kini beberapa hal dilakukan yayasan, yakni pengurangan terhadap makanan dan juga pengurangan terhadap manajemen di Kebun Binatang Bandung.

“Ada yang makanan dikurangin, pakan ada dikurangin, di manajemen juga ada pegurangan, kami berkomitmen untuk mengutamakan satwa,” ujar John.

Sampai saat ini, pihaknya mengungkapkan masyarakat dan beberapa donatur ada yang sudah membantu berdonasi. Berupa makanan daging dan lainnya.

Kontributor : Emi La Palau

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS