alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Petugas Gagalkan Penyeludupan Bakso Isi Sabu ke Lapas Sukamiskin

Ari Syahril Ramadhan Kamis, 17 September 2020 | 08:15 WIB

Petugas Gagalkan Penyeludupan Bakso Isi Sabu ke Lapas Sukamiskin
Ilustrasi Lapas Sukamiskin. [Antara]

Awalnya, petugas mendapatkan kiriman dua bungkus bakso dari seorang pengantar yang ditujukan kepada salah satu narapidana atas nama Nurfajar.

SuaraJabar.id - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung berhasil menggagalkan percobaan penyeludupan narkoba jenis sabu yang dikemas dalam bakso ke dalam lapas.

"Iya ada percobaan penyelundupan sabu ke dalam Lapas, itu melalui bakso," ucap Kepala Lapas Sukamiskin, Thurman Hutapea saat dihubungi Suara.com, Rabu (16/9/2020).

Thurman mengatakan, saat ini kasus tersebut tengah ditangani oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung. Barang bukti pun sudah diserahkan pihak Lapas Sukamiskin menuju BNN Kota Bandung.

"Sudah tadi malam langsung diserahkan ke BNN, untuk ditindaklanjuti," ungkapnya.

Baca Juga: Kesal Dijebak, Sarasinta Rekam Rani Sedang Nyabu

Menurutnya, prosedur pemeriksaan barang yang masuk Lapas Sukamiskin memang sudah ketat. Ia menjelaskan setiap kali ada barang masuk dari luar baik itu makanan, minuman ataupun yang lainnya pasti dilakukan penggeledahan oleh petugas Lapas.

"Ya tetap kita geledah setiap barang makanan datang kita geledah. Justru karena kita geledah kita bisa ketemu. Iya sudah ketat makanya ketemu itu (sabu) dalam bakso yang besar bulat itu," jelasnya.

Berdasarkan keterangan yang diterima dari Divisi Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM Jawa Barat, penyelundupan itu terjadi pada pukul 19.45 WIB, Selasa malam (15/9/2020). Awalnya, petugas mendapatkan kiriman dua bungkus bakso dari seorang pengantar yang ditujukan kepada salah satu narapidana atas nama Nurfajar.

"WBP (warga binaan pemasyarakatan) Nurfajar datang untuk mengambil bakso. Tapi dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan disaksikan WBP Nurfajar. Petugas mencurigai ada barang terlarang dalam kemasan bakso itu," kata Kadiv Pemasyarakatan kemenkumham Jabar, Abdul Aris.

Lantas, kepala pengamanan lapas Sukamiskin langsung datang untuk melakukan pemeriksaan. Saat petugas membuka bungkusan bakso itu ditemukan narkotika jenis sabu di dalam bakso seukuran kepalan tangan itu.

Baca Juga: Polisi: Reza Artamevia Akan Direhabilitasi

"Didapat tiga paket plastik kecil berisi serbuk putih yang diduga narkotika jenis sabu-sabu," tukasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait