Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jokowi Minta Percepatan Pembangunan Pelabuhan Patimban Jawa Barat

Bangun Santoso | Ummi Hadyah Saleh Selasa, 22 September 2020 | 10:13 WIB

Jokowi Minta Percepatan Pembangunan Pelabuhan Patimban Jawa Barat
Lokasi proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, di Subang, Jawa Barat. [Dok Kemenko Maritim]

"Sudah beberapa kali menyampaikan juga saat peninjauan di lapangan agar dilakukan percepatan penyelesaian pembangunan pelabuhan Patimban,"

SuaraJabar.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meminta jajaran menteri terkait untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

"Sudah beberapa kali menyampaikan juga saat peninjauan di lapangan agar dilakukan percepatan penyelesaian pembangunan pelabuhan Patimban ini," ujar Jokowi dalam Rapat Terbatas Percepatan Proyek Strategis Nasional Patimban melalui video conference, Selasa (22/9/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengharapkan pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang dapat memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perdagangan di Jawa Barat.

Selain itu, ia berharap Pelabuhan Patimban nantinya dapat saling melengkapi dengan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

"Kita harapkan Pelabuhan Patimban ini memiliki peran yang penting dan strategis dalam pertumbuhan dan Perdagangan di wilayah Jawa Barat dan dikembangkan saling mengisi dengan Tanjung Priok komplementer bukan kompetensi," ucap dia.

Pelabuhan Patimban, kata Jokowi, diharapkan dapat menjadi segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi yaitu di Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati, Kawasan Industri di Jawa Barat.

Sehingga Pelabuhan Patimbang saling terkoneksi dengan Bandara Kertajati dan kawasan industri di Jawa Barat baik produk ekspor hingga otomotif.

"Yaitu Pelabuhan Patimban kemudian airport Kertajati dan juga kawasan di Bekasi Karawang dan Purwakarta sebagai sebuah Kawasan Industri saling terkoneksi saling mendukung satu dengan yang lain sehingga memiliki daya saing terutama untuk produk-produk ekspor dan lebih khusus lagi di bidang otomotif," kata dia.

Lebih lanjut, Jokowi kembali mengingatkan pantai utara Jawa yang sudah tersambungkan dengan jalan tol, harus menjadi superkoridor ekonomi.

"Karena fasilitas-fasilitas infrastruktur sudah relatif lebih siap, sehingga setiap kawasan industri, kawasan pariwisata, sentra-sentra pertanian harus tersambungkan dengan jalan tol ini," katanya menambakan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait