Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Butuh Modal Banyak, 9 Makanan Ini Bisa Bikin Kulit Sehat dan Awet Muda

Vania Rossa Rabu, 30 September 2020 | 17:10 WIB

Tak Butuh Modal Banyak, 9 Makanan Ini Bisa Bikin Kulit Sehat dan Awet Muda
Kiwi dan semangka untuk kulit sehat dan awet muda. (Shutterstock)

Tak perlu skincare mahal, Anda bisa mencoba 9 makanan berikut untuk mendapat kulit sehat dan awet muda.

SuaraJabar.id - Selain perawatan kulit dari luar melalui skincare, perawatan kulit dari dalam melalui makanan juga harus Anda lakukan. Bahkan, beberapa makanan diketahui memiliki nutrisi hebat untuk membuat kulit sehat dan awet muda. Saatnya Anda mempertimbangkan 9 makanan berikut ini untuk membantu menjaga kulit terlihat awet muda dan bercahaya. Apa saja? Simak daftarnya, seperti dilansir dari CNN.

1. Buah Kiwi
Makanan tinggi vitamin C dikaitkan dengan kulit yang lebih sehat dan lembap, serta dengan lebih sedikit kerutan. Satu buah kiwi yang lezat menyediakan lebih dari 60 miligram nutrisi ramah kulit ini.

2. Minyak Biji Anggur
Minyak biji anggur kaya akan asam linoleat, lemak tak jenuh ganda yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa asam linoleat dapat membantu melindungi kulit dari keriput dan penipisan yang terjadi seiring bertambahnya usia.

3. Kakao
Flavonoid adalah antioksidan yang ditemukan di banyak buah dan sayuran, serta anggur merah, teh, dan kakao. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi coklat panas secara teratur ternyata dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan mengurangi masalah kulit kasar.

4. Almond
Almond adalah sumber vitamin E, flavonoid, dan asam linoleat yang baik. Zat-zat ini membantu menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya.

5. Semangka
Camilan musim panas favorit ini menawarkan lebih dari rasa manis yang berair. Semangka mengandung banyak likopen, senyawa karotenoid dengan sifat antioksidan. Likopen dapat membuat kulit lebih halus dan membantu melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. Sumber likopen lezat lainnya adalah tomat.

6. Kedelai
Kedelai mengandung antioksidan yang disebut isoflavon. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa isoflavon dapat meningkatkan ketebalan kulit, kandungan kolagen, dan elastisitas.

7. Sayuran Berdaun Hijau Tua
Bayam, lobak, kangkung, dan sayuran berdaun gelap lainnya kaya akan lutein, antioksidan yang terkait dengan kulit yang lebih sehat. Dalam sebuah penelitian di Italia, makan tiga porsi sayuran berdaun hijau tua dalam seminggu dikaitkan dengan tingkat melanoma yang lebih rendah, sejenis kanker kulit. Periksa terlebih dahulu dengan dokter Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah karena sayuran berdaun hijau tua dapat berinteraksi secara negatif dengan obat ini.

8. Wortel
Wortel mengandung beta-karoten. Senyawa karotenoid ini melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Sumber beta-karoten baik lainnya adalah ubi jalar, mangga, pepaya, bayam, dan kangkung.

9. Teh
Teh hijau dan teh hitam mengandung katekin dan epikatekin, yang merupakan antioksidan kuat. Studi menunjukkan bahwa minum teh dapat membantu menjaga kulit lebih elastis dan melindungi dari kanker kulit.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait