Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hari Kopi Sedunia: Kopi Jabar Jadi Favorit Warga Dunia!

Risna Halidi | Luthfi Khairul Fikri Kamis, 01 Oktober 2020 | 20:30 WIB

Hari Kopi Sedunia: Kopi Jabar Jadi Favorit Warga Dunia!

Biji kopi Jawa Barat atau Jabar jadi salah satu jenis kopi yang diekspor ke luar negeri dan mampu menjadi favorit minuman masyarakat dunia.

SuaraJabar.id - Hari ini Kamis, 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Sedunia atau Hari Kopi Internasional. Perayaaan tahunan ini diadakan untuk meningkatkan kepedulian terhadap petani kopi dan merayakan kenikmatan minuman kopi.

Seiring berjalannya waktu, Hari Kopi Sedunia juga dirayakan untuk mempromosikan berbagai jenis kopi Nusantara. Namun, tahukah Anda ternyata Indonesia termasuk negara yang dikenal sebagai pemasok biji kopi terbaik?

Pasalnya, setiap tahun banyak biji kopi asli Indonesia yang diekspor ke luar negeri dan mampu menjadi favorit minuman orang Eropa, dan orang Asia.

"Robusta dan arabika ini favorit. Dan, uniknya di Indonesia hampir setiap daerah ini pasti memiliki dua biji kopi itu," ujar Pegiat Kopi Nusantara, Arief Rahman Hakim saat dihubungi Suara.com, Kamis (01/10/2020).

Lebih lanjut, menurutnya meski setiap daerah memproduksi biji kopi, tetapi yang membedakan adalah karakter rasanya. Apalagi hasil produksi dan panen biji kopi juga tergantung ketinggian penanaman pohonnya.

Berikut Suara.com rangkum beberapa jenis biji kopi milik Indonesia yang telah mendunia menurut Pegiat Kopi Nusantara, Arief Rahman Hakim, diantaranya:

1. Kopi Aceh Gayo
Pasti sudah tak asing lagi di telinga para pecinta kopi. Tak hanya digemari di Indonesia, biji kopi ini juga salah satu yang paling populer dan paling banyak diekspor dari Indonesia. Biji kopi Aceh Gayo ini termasuk jenis arabika karena tumbuh di ketinggian sekitar 1000-1200 mdpl, dan karakteristik rasa dari kopi Aceh Gayo adalah tingkat keasamannya yang tinggi serta aromanya pun sangat kuat.

2. Kopi Jawa Barat
Kopi Jawa Barat merupakan gabungan dari berbagai jenis biji kopi yang ditanam di daerah Jawa Barat. Ada kopi Malabar, Pangalengan, dan daerah penghasil kopi lain yang biji kopinya kemudian dipasarkan dengan nama Jawa Barat.

Kopi ini termasuk disukai oleh negara-negara di benua Eropa dan Amerika. Sebagian besar kopi yang dihasilkan di Jawa Barat adalah jenis arabika. Karakternya cenderung manis dan punya tingkat keasaman yang cukup tinggi.

3. Kopi Kintamani
Kopi Kintamani berasal dari Pulau Bali. Kopi ini berjenis Arabika, ditanam di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl. Rasa kopi Kintamani cenderung fruity dan segar dengan jejak rasa buah yang terpengaruh dari tanaman di sekitar kebun kopi itu sendiri. Kopinya juga tak tebal, dengan aroma yang kuat dan rasa yang tak terlalu pahit.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait