alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jago Jaga Gawang, I Made Wirawan Kewalahan Bimbing Anak Belajar Daring

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 27 Oktober 2020 | 18:25 WIB

Jago Jaga Gawang, I Made Wirawan Kewalahan Bimbing Anak Belajar Daring
Penjaga gawang Persib Bandung I Made Wirawan. (Suara.com/Aminuddin)

"Jadi guru sementara ternyata susah juga ya," ungkapnya.

SuaraJabar.id - Sosok I Made Wirawan sudah tak asing lagi di telinga Bobotoh Persib Bandung. Made merupakan kiper inti Maung Bandung saat ini. Kepiawaiannya dalam mengamankan gawang Persib mendapat decak kagum Bobotoh.

Namun, bagaimana sosok Made sebagai orang tua dari anak-anaknya. Ternyata kiper kelahiran Bali, 38 tahun silam itu, mengaku tidak gampang menjadi seorang ayah. Khususnya, saat membimbing anak menjalani aktivitas belajar daring dari rumah.

Kini, di saat pandemi virus Corona, setiap orang tua memiliki waktu lebih intens mengurus anak-anaknya di rumah. Tidak terkecuali menjalani pembelajaran daring dari rumah.

"Kadang-kadang ada ikut bantuin juga, kalau misalkan butuh kaya menggambar atau soal-soal lain yang dia enggak ngerti ya bantuin juga. Saat maminya masak, kita yang bantuin belajar," ujar Made, Selasa (27/10/2020).

Anak sulung Made, Putu Ranwir Abhinava kini berumur 7 tahun dan sudah mulai mengenyam bangku sekolah dasar. Made pun merasakan sulitnya menjadi seorang guru meski hanya berstatus sementara karena saat ini anaknya harus menjalani sekolah daring.

"Jadi guru sementara ternyata susah juga ya," ungkapnya.

Menurutnya, anak ternyata lebih sulit dikontrol saat harus belajar di rumah. Misalnya, kata dia, Ranwir terkadang tiba-tiba menolak untuk mengikuti pelajaran dan Made beserta istrinya berusaha membujuk anak agar mau belajar.

"Bukan mata pelajarannya yang susah, atur anaknya yang susah. Kadang dia gak mau atau males, tau sendiri kan kalau di rumah bisa lebih bebas, kalau di sekolah, dia lebih takut sama gurunya," tukasnya.

"Kalau di runah kan kita harus rayu dia untuk ayo bikin, supaya mau juga apalagi bosan juga gak ada temannya," tambahnya.

Kini, kompetisi Liga 1 2020 memang belum ada kejelasan kapan kembali dihelat. Made pun lebih banyak memiliki waktu luang lantaran intensitas latihan bersama Persib berkurang. Ia pun lebih memilih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga saja.

"Saat ini sih saya lebih banyak waktu sama keluarga aja," imbuhnya.

Kontributor : Aminuddin

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait