alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pelatih Persib Belajar Banyak dari Pandemi di 2020

Syaiful Rachman Jum'at, 01 Januari 2021 | 21:36 WIB

Pelatih Persib Belajar Banyak dari Pandemi di 2020
Pelatih kepala Persib Bandung Robert Rene Alberts tengah memimpin latihan rutin anak asuhnya di stadion GBLA, Bandung, Jumat (4/9/2020), pagi. [Dok. Persib]

Pelatih Persib menyoroti pandemi COVID-19 yang melanda dunia di tahun 2020.

SuaraJabar.id - Robert Rene Alberts, Pelatih kepala Persib Bandung, menyoroti pandemi COVID-19 yang melanda dunia dan belajar banyak dari apa yang terjadi di sepanjang tahun 2020.

Menurut Robert, hadirnya pandemi COVID-19 menjadi pukulan telak di satu sisi, tapi disisi lain memberikan pelajaran berharga, yaitu pentingnya menjaga planet bumi.

"Menurut saya, kita harus berpikir tentang 2020 adalah tidak ada yang gratis, tidak ada yang diberikan cuma-cuma, kita harus saling menghargai ketika tinggal di planet ini," ungkap Robert, Jum'at (1/1/2021).

Menurutnya, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga bumi agar tetap sehat. Pandemi COVID-19, memberikan hikmah bagi kita agar senantiasa hidup dengan rasa syukur.

Baca Juga: Cerai dengan Boateng, Melissa Satta Habiskan Akhir Tahun Bersama Pria Lain

"Kami semua ini hanya penumpang di planet ini, bumi adalah tuan rumahnya dan kami hanya tamu di planet ini," ucapnya.

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts (memakai topi) memimpin latihan rutin anak asuhnya di lapangan Arcamanik, Bandung, Jumat (16/10/2020). [Dok. Persib]
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts (memakai topi) memimpin latihan rutin anak asuhnya di lapangan Arcamanik, Bandung, Jumat (16/10/2020). [Dok. Persib]

"Ini awal bagi kita untuk sadar hanya menumpang hidup disini, kita harus mengesampingkan dulu politik dan ego agama. Kita harus hidup dengan rasa syukur dan tetap sehat serta prima," tambahnya.

Pelatih kawakan asal Belanda itu merefleksikan perjalanannya sebagai pelatih sepak bola selama 2020. Hasilnya, kata dia, tentu sangat berat dimana aktivitas sepak bola sama sekali tidak jalan lantaran terkena imbas pandemi.

"Ketika kita hidup sehat, maka planet ini juga akan ikut sehat. Dan ulah umat manusia tentu akan membuat planet ini tidak sehat. Ketika planet tidak sehat maka kelangsungan hidup manusia juga akan terganggu seperti yang dilihat saat ini. Kita bisa lihat semua tidak sehat," tandasnya.

Beberapa kali, Robert harus meliburkan anak asuhnya dari latihan rutin lantaran ketidakjelasan kompetisi Liga 1. Hal itupun menjadi renungan seluruh pemangku kepentingan sepak bola di Indonesia itu untuk bisa bangkit dari keterpurukan di awal 2021.

Baca Juga: Pamer Foto Romantis dengan Gian Zola, Ghea Youbi Bahas Harapan di 2021

"Saya rasa itu pelajaran besar dari tahun 2020, semua harus menjaga planet ini, planet ini adalah tuan rumah dan kita hanya menumpang hidup di sini dalam waktu yang singkat," tukasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait