alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Saung Angklung Udjo Terancam Tutup, Pemkot Bandung Tak Bisa Beri Dana Segar

Ari Syahril Ramadhan Minggu, 24 Januari 2021 | 15:30 WIB

Saung Angklung Udjo Terancam Tutup, Pemkot Bandung Tak Bisa Beri Dana Segar
Pemain angklung menggunakan pelindung wajah saat menghibur wisatawan di Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (27/6/2021). [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi]

Pemkot Bandung mengajak para pengurus untuk berinovasi mencari sumber-sumber pendanaan lain dan menciptakan kegiatan baru.

SuaraJabar.id - Pemerintah Kota Bandung angkat bicara terkait kondisi Saung Angklung Udjo yang terancam tutup akibat pandemi Covid-19.

Semenjak pandemi, banyak pembatasan aktivitas seni budaya. Ini menyebabkan jumlah kunjungan ke tempat itu turun drastis.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Dewi Kania Sari mengatakan, pihaknya bakal membantu Saung Angklung Udjo.

Namun kata dia, bantuan tidak akan diberikan dalam bentuk dana segar.

Baca Juga: Bikin Nagita Gagal Diet, Ini Bakmi Enak di Bandung Versi Raffi Ahmad

Pemkot Bandung tidak memiliki dana langsung untuk memberikan bantuan kepada Saung Angklung Udjo yang terancam tutup.

Namun, Pemkot Bandung mengajak para pengurus untuk berinovasi mencari sumber-sumber pendanaan lain dan menciptakan kegiatan baru.

"Disbudpar enggak dana," ujar Dewi saat dikonfirmasi, Minggu (24/1/2021).

Ia melanjutkan, pandemi Covid-19 berdampak tidak hanya kepada Saung Angklung Udjo tapi juga ke seluruh pelaku usaha pariwisata termasuk pelaku usaha hotel dan restoran serta seniman.

"Tenaga kerja di destinasi wisata sudah 60% kena dampak yang sama. Saung Angklung Udjo karena pengunjungnya sedikit. Kuncinya adalah bersabar dan bersyukuri," kata Dewi.

Baca Juga: Open BO Banting Setir Jadi Driver Online Gara-gara Takut Ditangkap

Dewi mengaku, Pemkot Bandung sudah berupaya sejak 2020 merealokasi anggaran untuk pihak-pihak yang terdampak Covid-19 di bidang kebudayaan dan pariwisata. Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan melaksanakan kegiatan virtual.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait