alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kota Bandung Miliki Ratusan WiFi Gratis, Ini Passwordnya

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 30 Maret 2021 | 16:32 WIB

Kota Bandung Miliki Ratusan WiFi Gratis, Ini Passwordnya
ILUSTRASI suasana Kota Bandung. Dalam sepekan terkahir, jumlah terkonfirmasi positif di Kota Bandung melonjak. [Antara]

WiFi gratis Kota Bandung dipasang di tempat-tempat yang dibutuhkan masyarakat seperti co-working space, taman tematik dan tempat ibadah.

SuaraJabar.id - Pemerintah Kota Bandung memasang router Wireless Fidelity (WiFi) yang tersebar di 500 titik. Hal itu sebagai upaya mewujudkan kota pintar yang diusung pemerintah Kota Bandung.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan Brilyana mengatakan pemasangan router WiFi itu sudah rampung dan akan diresmikan pada awal April 2021, nanti.

Nantinya kata dia, warga Kota Bandung tidak akan kesulitan dalam mengakses jaringan internet lantaran sudah tersedia WiFi gratis yang terpasang hampir di seluruh wilayah Kota Bandung.

Router WiFi itu kata dia, dipasang di tempat-tempat yang dibutuhkan masyarakat, seperti di RW-RW yang tersebar di 151 kelurahan, taman-taman tematik, tempat ibadah, dan co-working space.

Baca Juga: Jangan Kaget jika Terima "Surat Cinta" dari Polisi

"Kita rencana 7 April meresmikan, mudah-mudahan dengan adanya WiFi itu memberikan dampak positif bagi masyarakat," kata Yayan di acara Bandung Menjawab di Taman Dewi Sartika Kota Bandung, Selasa (30/3/2021).

Menurut dia, adanya sambungan internet gratis bisa membantu menunjang kegiatan belajar siswa tetap dari rumah. Work from Home (WFH) pun semakin dimungkinkan dilakukan masyarkat.

Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Kota Bandung, Mahyudin menyatakan, saat ini masyarakat sudah bisa menikmati internet gratis yang telah dipasang di 500 titik.

"Sudah 100 persen terpasang ya. Yaitu di 151 Kelurahan, satu kelurahan ada 2 RW jadi jumlahnya 302 RW, karena anggarannya baru segitu," ucapnya.

"Kemudian di 5 masjid dan beberapa tempat ibadah, 20 taman tematik, memasang di seluruh OPD, seluruh puskesmas, seluruh SMP, dan seluruh CCTV di Kota Bandung. Jadi 500 itu sudah termasuk di titik itu semua," tambahnya.

Baca Juga: Bisa Bikin Emak-emak Pusing, Harga Daging Sapi dan Ayam Merangkak Naik

Menurutnya, bagi masyarakat yang membutuhkan akses internet, bisa langsung terhubung secara gratis dan sebagian besar tidak menggunakan password (kata sandi).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait