alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Khasiat Madu Bisa Bikin Imun Naik Saat Puasa

Suhardiman Sabtu, 17 April 2021 | 15:02 WIB

Khasiat Madu Bisa Bikin Imun Naik Saat Puasa
Koswara, Salah Seorang Petani Madu Lembang, Bandung Barat. [Suara.com/Ferry Bangkit Rizki]

Madu bisa memulihkan stamina usai berpuasa seharian

SuaraJabar.id - Madu bukan hanya sekedar pemanis belaka. Madu dipercaya efektif untuk meningkatkan imun tubuh. Apalagi saat sedang berpuasa.

Madu bisa memulihkan stamina usai berpuasa seharian. Khususnya madu murni yang berasal dari alam secara alami tentunya lebih optimal bagi kesehatan. Manfaat madu untuk kesehatan didapat dari kandungan nutrisinya yang beragam.

Di samping gula yang membuatnya terasa manis, madu mengandung banyak sekali senyawa aktif, seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, serta flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid.

Hal tersebut diceritakan petani madu asal Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Koswara (41).

Baca Juga: Bawa-bawa Ayat Suci, Pendeta Sekaligus Kepala Sekolah Rudapaksa Siswi SD

"Pada dasarnya secara garis besar madu itu untuk memperbaiki imunita, menambah kekebalan tubuh, anti bakteri juga dan menambah stamina," katanya, kepada Suara.com, Sabtu (17/4/2021).

Koswara menyarankan bagi umat Musilm yang menjalankan ibadah puasa untuk mengkonsumsi madu murni. Apalagi berbuka dengan yang manis-manis sangat baik untuk kesehatan.

Alangkah baiknya madu dikonsumsi sesaat sebelum menyantap hidangan sahur. Gunannya tentu saja untuk menjaga daya tahan imun tubuh ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Madu juga harus dikonsumsi sebelum tidur, yang bermanfaat untuk mengembalikan stamina setelah seharian menahan lapar dan haus.

"Sangat diharuskan karenan pada dasarnya ketika bulan Ramadan diharuskan berbuka dengan yang manis-manis," tukasnya.

Baca Juga: Penerima BPUM Tak Perlu Terburu-buru ke Bank, Diberi Waktu 3 Bulan

Kontributor : Ferrye Bangkit Rizki

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait