alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Byur! Warga Ciamis Kompak Nyebur ke Kolam Ikan

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 18 Mei 2021 | 14:31 WIB

Byur! Warga Ciamis Kompak Nyebur ke Kolam Ikan
Gubyag kolam di Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tepatnya di Dusun Lamping, Desa Bangbayang, digelar para pemuda setempat untuk menghibur warga dalam mengisi libur Lebaran Idul Fitri. [Edji Darsono/HR]

Sontak saja warga setempat langsung turun ke kolam untuk berlomba menangkap ikan. Namun, peserta yang boleh ikut hanya warga Dusun Lamping, Ciamis saja.

SuaraJabar.id - Ada tradisi merayakan hari raya Idul Fitri yang unik di Desa Bangbayang, Kabupaten Ciamis. Warga ramai-ramai turun ke kolam ikan untuk mengambil ikan menggunakan tangan.

Tradisi unik ini disebut gubyag kolam. Dari pantauan, warga di Dusun Lamping, Desa Bangbayang masih menggelar tradisi unik ini di hari ketiga Lebaran, Sabtu (18/5/2021).

Sukirman, warga setempat mengatakan, pelaksanaan gubyag kolam oleh para pemuda Dusun Lamping, Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis secara mendadak. Tujuannya untuk menghibur warga saat suasana Lebaran.

“Awal mula warga Dusun Lamping tidak ada yang tahu akan adanya gubyag kolam. Sebab, tidak ada kabar dari sebelumnya. Namun tiba-tiba saja para pemuda menyuruh warga untuk melaksanakan gubyag kolam,” tutur Sukirman.

Baca Juga: Larangan Mudik Usai, Polda DIY Siapkan Pengetatan Perjalanan lewat KRYD

Dalam acara gubyag kolam di Dusun Lamping, Kecamatan Cipaku ada dua kolam yang sengaja ditanami ikan oleh para pemuda.

Mendengar adanya ajakan tersebut dari para pemuda, kata Sukirman, sontak saja warga setempat langsung turun ke kolam untuk berlomba menangkap ikan. Namun, peserta yang boleh ikut hanya warga Dusun Lamping saja.

“Ya, meski acara ini sebagai hiburan untuk masyarakat, tapi yang boleh mengikuti gubyag kolam ini hanya warga Dusun Lamping, bukan pemudik,” imbuh Sukirman.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait