alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Nyaris Full Bed, Pasien Covid-19 Antre di IGD RSUD Cibabat

Ari Syahril Ramadhan Sabtu, 12 Juni 2021 | 16:35 WIB

Nyaris Full Bed, Pasien Covid-19 Antre di IGD RSUD Cibabat
ILUSTRASI-Petugas membantu membawa barang bawaan pasien terkonfirmasi COVID-19 ke dalam mobil ambulans di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta, Jumat (11/6/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

"Waiting list IGD Covid ada 8 pasien, karena tempat tidur sesuai peruntukan pasien penuh," ujar pihak RSUD Cibabat Kota Cimahi.

SuaraJabar.id - Kapasitas tempat tidur pasien Covid-19 di RSUD Cibabat di Kota Cimahi nyaris penuh. Pasien terus berdatangan dari berbagai daerah sebagai imbas dari meningkatnya kasus Covid-19.

Rumah sakit regional tersebut menyediakan sebanyak 63 bed atau tempat tidur yang terdiri dari beberapa kategori. Seperti merah dan kuning. Teranyar, tingkat keterisiannya sudah mencapai 77,78 persen.

"Total bed ada 63, keterisian sudah 49 pasien. Ada peningkatkan kasus," kata Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang pada RSUD Cibabat, dr Ars Agustiningsih saat dihubungi Suara.com, Sabtu (12/6/2021).

Adapun rinciannya untuk kategori merah dewasa ada 2 tempat tidur dan sudah terisi penuh. Kategori merah ada sudah terisi 2 bed dari 4 kapasitas. Kategori kuning dewasa (A3) kini terisi 11 pasien dari total 12 tempat tidur.

Baca Juga: Ikut Vaksinasi di Pasar Bantul, Satu Pedagang Dilaporkan Sempat Demam

Kemudian kategori kuning dewasa (B3) sudah diisi 24 pasien dari toral 33 tempat tidur. Kategori kuning anak sudah terisi penuh dari total 6 tempat tidur yang ada, serta kategori kuning dewasa kebidanan sudah terisi oleh 4 pasien dari 6 bed.

Dikatakan Ars, informasi terkini ada 8 pasien Covid-19 yang menjadi daftar tunggu atau waiting list di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) khusus pasien virus Corona. Antrean menuju ruang rawat itu dikarenakan tempat tidur yang sesuai kategori pasien susah terisi penuh.

"Waiting list IGD Covid ada 8 pasien, karena tempat tidur sesuai peruntukan pasien penuh. Tetapi ada beberapa pasien IGD yang sedang persiapan masuk ruangan (perawatan)," ungkapnya.

RSUD Cibabat sendiri merupakan rumah sakit rujukan Covid-19. Pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit yang terletak di Jalan Jenderal Amir Machmud, Kota Cimahi itu datang dari berbagai daerah. Seperti Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat hingga Kabupaten Bandung.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, rencananya akan ada penambahan tempat tidur khusu pasien Covid-19 di RSUD Cibabat. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus.

Baca Juga: Klaster Keluarga Sumbang Lonjakan Kasus Covid-19 di Jember, Satu Kecamatan 16 Kasus

"Rencananya RSUD Cibabat mau nambah 20 bed, kita siapkan apabila ada lonjakan," terangnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait