facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hampir 76 Tahun Indonesia Merdeka, 16 Tiang Listrik Baru Terpasang di 4 Kampung di Nangela

Ari Syahril Ramadhan Senin, 14 Juni 2021 | 14:38 WIB

Hampir 76 Tahun Indonesia Merdeka, 16 Tiang Listrik Baru Terpasang di 4 Kampung di Nangela
Warga ikut serta dalam pemasangan tiang listrik untuk 4 kampung yang belum teraliri listrik di Desa Nangela, Kabupaten Sukabumi. [Sukabumiupdate.com/Istimewa]

Empat kampung di Desa Nangela, Kabupaten Sukabumi yang belum teraliri listrik ini berada 80 Km sebelah selatan dari tempat Presiden Jokowi tinggal di Istana Bogor.

SuaraJabar.id - Hampir 76 tahun Republik Indonesia merdeka. Selama itu, empat kampung di Desa Nangela, Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi belum juga teraliri listrik.

Secercah harapan muncul ketika sebanyak 16 tiang saat ini sudah berdiri untuk mengalirkan Listrik ke Kampung Cikuya, Kampung Sukasirna, Kampung Caringin, serta Kampung Palatarpari.

Warga yang selama ini mengandalkan pembangkit listrik tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan listrik berharap listrik dari Perusahaan Listrik Negara bisa segera masuk ke kampung mereka.

Kepala Desa Nangela Sudin mengatakan pemasangan tiang sudah dikerjakan selama dua hari oleh dua kelompok. Menurut dia, satu kelompok melakukan pemasangan di Kampung Cikuya, dan satu lagi di Kampung Sukasirna.

Baca Juga: Jaringan Listrik di Kepri Belum Maksimal, Pemerintah Pusat Belum Izinkan Bangun Kanwil PLN

Menurut dia, hingga saat ini terpasang sekitar 16 tiang. Adapun pemasangan dilakukan oleh vendor dan dibantu warga secara bergotong-royong.

Adapun dalam pemasangan tiang tersebut terkendala akses, sebab kampung tersebut berada di pelosok dan berjarak 15 kilometer dari kantor desa. Kendati begitu, warga sangat antusias dan berharap semua proses berjalan tanpa kendala.

"Kami berharap pengerjaan tidak ada hambatan karena warga sangat menantikan fasilitas penerangan listrik," jelas Sudin dilansir Sukabumiupdate.com-jejaring Suara.com, Senin (14/6/2021) yang masih berupaya konfirmasi ke pihak PLN tentang pemasangan tiang tersebut.

Salah satu kampung di Desa Nangela, Kabupaten Sukabumi yang belum teraliri listrik. [Sukabumiupdate.com]
Salah satu kampung di Desa Nangela, Kabupaten Sukabumi yang belum teraliri listrik. [Sukabumiupdate.com]

Sebelumnya diberitakan Suarajabar.id, Sudah berkali-kali Kepala Desa Nangela, Sudin mengajukan pemasangan listrik untuk empat kampung di desanya. Namun hingga saat ini, ia belum mendapat respon positif sehingga 4 kampung di desananya itu masih belum teraliri listrik.

Nangela merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jaraknya jika diukur menggunakan aplikasi Google Maps hanya sekitar 169 kilometer menggunakan jalan darat dari tempat tinggal Presiden Joko Widodo di Istana Bogor.

Baca Juga: PT IWIP Mulai Bangun Konstruksi Pabrik Bahan Baterai Kendaraan Listrik

Empat kampung yang belum teraliri listrik itu adalah Kampung Cikuya, Kampung Sukasirna, Kampung Caringin dan Palatarpari.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait