alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jangan Takut, Lakukan Ini Jika Bertemu Kuntilanak, Setan dan Makhluk Gaib Lainnya

Ari Syahril Ramadhan Senin, 05 Juli 2021 | 17:10 WIB

Jangan Takut, Lakukan Ini Jika Bertemu Kuntilanak, Setan dan Makhluk Gaib Lainnya
Ilustrasi setan. [Shutterstock]

Imam Mujahid bin Jabir mengungkap fakya yang bakal membuat manusia tak akan takut lagi ketika melihat penampakan makhluk gaib.

SuaraJabar.id - Manusia bukan satu-satunya penghuni bumi dan alam semesta. Selain manusia, hewan dan tumbuhan, Allah Swt juga menciptakan makhluk lain yang tak kasat mata seperti malaikat, jin dan setan.

Khusus untuk jin, makhluk gaib atau tak kasat mata ini sering kali jadi bahan obrolan. Mulai dari keberadaannya yang dinilai meresahkan karena kerap membuat suatu tempat menjadi angker, hingga sosoknya yang menakutkan.

Beberapa ahli metafisika hingga ulama juga kerap memberikan penjelasan mengenai makhluk halus. Prof M Quraish Shihab dalam buku berjudul “Makhluk Ghaib: Jin dalam Al-Qur’an” misalnya, ia menjelaskan, dalam Al-Qur'an ditemukan paling tidak lima kata yang sering digunakan untuk menunjuk makhluk halus dari jenis jin itu, yaitu jin, jan, jinnah, iblis, dan syaithan.

Lalu bagaimana wawasan Alquran tentang jin dan apa yang harus dipercayai oleh seorang Muslim tentang hal ini? Menurut Qurasih Shihab, secara singkat dapat disimpulkan Alquran menjelaskan adanya makhluk ciptaan Allah yang bernama jin, yang tercipta dari api sebagaimana diakui iblis dan dibenarkan Alquran.

Baca Juga: Quraish Shihab Didoakan Cepat Mati, Eko Kuntadhi Ajak Pajang Poster Yahya Waloni, Ludahi

Aku lebih baik darinya (Adam). Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan Engkau menciptakannya dari tanah.” (QS Al Araf 12).

Penulis juga mengingatkan informasi Alquran yang menyatakan iblis itu termasuk golongan jin. Allah berfirman:

“Iblis (enggan bersujud). Dia adalah dari golongan jin.” (QS Al Kahf 50). Menurut Quraish, jin mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan ciri manusia, antara lain, dia dapat melihat manusia sedangkan manusia tidak dapat melihatnya.

Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.” (QS Al Araf 27).

Makhluk tersebut juga dapat hidup di bumi, namun, Alquran tidak menjelaskan di mana. Tetapi demikian itulah perintah Allah kepadanya ketika Yang Mahakuasa mengusir dari surga bersama Adam.

Baca Juga: Ustaz Yahya Waloni Doakan Quraish Shihab Cepat Mati, Alasannya Mengejutkan

Mereka juga juga mempunyai kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan berat, seperti apa yang mereka lakukan untuk Nabi Sulaiman . Dalam bukunya ini, Quraish Shihab banyak menjelaskan sosok jin berdasarkan ayat-ayat Alquran.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait