alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masuk Nominasi API 2021, Pemkab Sukabumi Minta Warga Dukung Kampung Adat Sinaresmi

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 06 Juli 2021 | 10:06 WIB

Masuk Nominasi API 2021, Pemkab Sukabumi Minta Warga Dukung Kampung Adat Sinaresmi
Kampung Adat Kasepuhan Sirnaresmi di Kabupaten Sukabumi yang masuk masuk sebagai nominator dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2021. [Antara]

Kampung adat ini berada di kawasan UGG Ciletuh Palabuhanratu, sehingga semakin menambah pesona dunia pariwisata Kabupaten Sukabumi.

SuaraJabar.id - Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pariwisata mereka meminta warga untuk mendukung Kampung Adat Kasepuhan Sirnaresmi yang masuk sebagai nominator dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2021.

Dalam ajang tersebut, Kampung Adat Kasepuhan Sirnaresmi akan bersaing dengan sembilan kampung adat lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

"Sebelumnya kami telah mengusulkan agar Kampung Adat Sirnaresmi yang berada di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok untuk masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2021 kepada panitia, dan alhamdulillah diterima dan masuk nominator," kata Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi Rose Neverterry, di Sukabumi, Senin (5/7/2021).

Menurutnya, dalam nominasi tersebut ada 10 kampung adat yang bersaing untuk dinobatkan sebagai kampung adat terpopuler dari Anugerah Pesona Indonesia 2021.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Menparekraf Tegaskan Pemulihan Pariwisata Tetap Berjalan

Tentunya kata dia, perlu dukungan agar kampung adat yang berada di kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini menjadi pemenang bukan sebatas nominator saja.

Adapun bentuk dukungan tersebut dengan mengirim SMS sebanyak-banyaknya dengan cara ketik API 11H kirim ke 99386 dan serta like (sukai) video Youtube Kasepuhan Sirnaresmi di channel @apiaward dan bisa dengan melakukan vote like di Instagram @ayojalanjalanindonesia cari kategori Kampung Adat kode 11H.

Dukungan ini sangat berarti agar keberadaan Kampung Adat Sirnaresmi ini semakin dikenal warga di seluruh daerah hingga pelosok Indonesia bahkan sampai mancanegara. Apalagi kampung adat ini berada di kawasan UGG Ciletuh Palabuhanratu, sehingga semakin menambah pesona dunia pariwisata Kabupaten Sukabumi.

"Kami berharap seluruh warga khususnya dari Sukabumi untuk memberikan dukungannya, karena Kampung Adat Sirnaresmi ini merupakan kebanggaan kita semua," katanya pula.

Humas Kampung Adat Kasepuhan Sirnaresmi Saragosa Gia mengatakan pihaknya tidak menyangka bisa masuk sebagai nominator di Anugerah Pesona Indonesia 2021 bersama sembilan kampung adat lainnya. Selain menjadi kebanggaan, melalui ajang tersebut tentunya keberadaan kasepuhan ini bisa semakin dikenal luas.

Baca Juga: Jurus Ekraf Danau Toba Raih Omzet Puluhan Miliar di Tengah Pandemi Covid-19

Kampung Adat Sirnaresmi inikata dia  harus dirawat, dijaga dan dilestarikan adat istiadatnya khususnya kebudayaan Sunda yang merupakan warisan leluhur.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait