facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Innalillahi, 600 Lebih Ulama dan Kiai Nahdlatul Ulama Meninggal selama Pandemi COVID-19

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 14 Juli 2021 | 12:14 WIB

Innalillahi, 600 Lebih Ulama dan Kiai Nahdlatul Ulama Meninggal selama Pandemi COVID-19
ILUSTRASI-Muhaimin Iskandar ke Pondok Pesantren Lirboyo di Kediri. Kekinian, Gus Muhaimin meminta kader PKB dan warga Nahdliyin untuk menjaga ulama dan kiai di masa pandemi COVID-19. [Foto: Beritajatim]

Dari data Tim Panser Nahdlatul Ulama selama kurun waktu 2020-2021 per Sabtu (10/7/21) lalu, jumlah ulama atau kiai NU yang wafat selama masa pandemi ini mencapai 644 orang.

SuaraJabar.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Gus Muhaimin mengajak umat untuk menjaga kiai dan ulama di masa pandemi COVID-19 ini.

Gus Muhaimin mengaku sangat bersedih atas banyaknya ulama dan kiai yang wafat belakangan ini atau selama masa pandemi COVID-19.

Menurutnya, selama masa pandemi ada 600 lebih ulama dan kiai Nahdlatul Ulama atau NU yang wafat.

”Baru-baru ini kita banyak kehilangan kiai dan ulama kita. Almagfurlah Kiai Zainuddin Djazuli, almagfurllah Kiai Fuad, Kiai Nawawi Sidogiri, dan para kiai-kiai lainnya yang semua itu adalah motivator, energi, dan sekaligus pengarah perjuangan kita di PKB. Mari kita doakan beliau-beliau semua semoga diterima amal ibadahnya oleh Allah SWT,” ucap Gus Muhaimin dikutip dari Times Indonesia-jejaring Suara.com, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga: Daftar Link Darurat Pasien COVID-19 di Jakarta dari Isoman sampai Donor Darah Plasma

Gus Muhaimin juga mengajak seluruh kader PKB dimanapun berada untuk bersama-sama menjaga para kiai, terutama mereka yang sudah sepuh agar selamat dari pandemi ini.

”Kepada teman-teman DPC, DPW, anggota DPR, Bupati, Gubernur, Wakil Gubernur, semuanya tolong dijaga kiai masing-masing. Jangan sampai berakibat terlambat darurat mengantisipasi. Contoh misalnya di Bekasi kemarin ada yang akhirnya terlambat dalam penanganann yang padahal sebetulnya bisa ditangani,” tuturnya.

Gus Muhaimin juga mengajak seluruh kader PKB yang diberikan amanah, wasiat, dan mandat untuk melakukan perjuangan politik ini agar selalu istiqamah dalam memberikan pengabdian dan perjuangan seperti yang dilakukan para ulama.

”Insyaallah dengan kebersamaan kita-kita dengan beliau-beliau, insyaAllah hidup kita akan mulia disisi Allah SWT,” ujarnya.

Dikatakan Gus Muhaimin, wafatnya para kiai yang begitu banyak dalam beberapa waktu belakangan ini menjadi ujian berat.

Baca Juga: The Gift from Chery to Indonesia Customer - Advanced Technology

”Ini tentu menjadi kewaspadaan yang tinggi yang harus dilakukan oleh seluruh komponen PKB. Saya sudah membuat maklumat yang disampaikan oleh seluruh pejabat eksekutif mulai menteri termasuk wapres, legislatif, semua memberikan perhatian yang sungguh-sungguh, solusi yang cepat dan efektif atas pandemi ini,” ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait