alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

MUI Sebut Cuma Masjid Ini yang Boleh Adakan Salat Idul Adha

Suhardiman Senin, 19 Juli 2021 | 13:58 WIB

MUI Sebut Cuma Masjid Ini yang Boleh Adakan Salat Idul Adha
MUI Sukabumi Sebut Masjid Ini Tak Boleh Gelar Salat Idul Adha. [sukabumiupdate.com]

Hal ini terkait dengan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat.

SuaraJabar.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sukabumi menyebut, tidak semua masjid diizinkan menggelar salat Idul Adha, pada Selasa (20/7/2021).

Dua kategori masjid yang tidak boleh menggelar salat Idul Adha, yaitu Masjid Agung dan Masjid Besar. Hal ini terkait dengan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat.

"Iya di masjid (Masjid Agung) enggak. Iya (se-Kabupaten Sukabumi) tidak menggelar," kata Ketua MUI Kabupaten Sukabumi, Oman Komarudin, dilansir dari Sukabumiupdate.com, Senin (19/7/2021).

Ia mengaku, ada lima kategori masjid yang secara resmi ditetapkan di tanah air, yaitu Masjid Negara yang ditetapkan pemerintah pusat dan berkedudukan di ibu kota, masjid Raya yang ditetapkan pemerintah provinsi.

Baca Juga: Usai Kalahkan Apple, Xiaomi Targetkan Jadi Nomor 1

Masjid Agung yang ditetapkan pemerintah kabupaten atau kota. masjid Besar yang ditetapkan pemerintah kecamatan, dan Masjid Jami' yang ditetapkan pemerintah desa atau kelurahan.

Ia mengaku, masjid-masjid di perkampungan bisa menggelar salat Idul Adha karena jemaah yang datang biasanya masih warga setempat.

"Paling yang melaksanakan itu mereka yang ada di daerah-daerah saja dan tetap prokes. Tapi kalau di tempat keramaian (dilarang) karena banyak pendatang," tukasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait