facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Anak-anak Terlibat Baku Hantam di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 17 Agustus 2021 | 18:00 WIB

Anak-anak Terlibat Baku Hantam di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
Perlombaan perang bantal yang digelar di perayaan HUT RI ke-76 di Bandung Barat, Selasa (17/8/2021). [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, kata dia, perayaan HUT RI ke-76 itu digelar di lokasi yang cukup jauh dari pemukiman warga

SuaraJabar.id - Sejumlah anak terlihat saling serang di atas bambu yang berada di sebuah kolam saat moment Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 pada Selasa (17/8/2021). Mereka yang kalah pun harus berlumuran lumpur.

Pertempuran itu terjadi di Kampung Cidadap, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Menggunakan bantal sebagai senjata, mereka saling serang untuk menang.

Potret perang "gebuk bantal" yang digelar cukup sederhana ditengah pandemi COVID-19 itu cukup mengobati kerinduan warga yang menyaksikan, mengingat sejak virus mewabah, perayaan seperti lomba khas 17-an pun seolah menjadi terlarang.

Di bawah sinar matahari yang cukup terik pagi itu, dua anak menenteng sebuah senjata berupa bantal. Kemudian mereka duduk di atas sebatang pohon bambu. Tepat di bawahnya ada air dan lumpur menanti.

Baca Juga: Pemprov Banten Bangga Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Adat Suku Baduy

Mereka yang kalah, otomatis akan tercebur ke lumpur. Peserta yang menang tetap duduk gagah di atas batang bambu menantikan lawan selanjutnya yang sudah antre di sekitar kolam.

Kalah bukan berarti harus marah, malah mereka terlihat larut dalam keceriaan dan gelak tawa menikmati perlombaan memeriahkan Hari Kemerdekaan yang sudah puluhan tahun direngkuh.

"Iya senang bisa ikut lomba," ucap Zidane Muhammad Hikam (12), salah seorang peserta.

Bocah kelas 6 sekolah dasar itu harus berhadapan dengan sodara sekaligus temannya sendiri. Sama-sama bersenjatakan bantal, Zidane dan anak lainnya baku hantam untuk mempertahankan posisi.

Ketika salah satu terjatuh ke dalam kolam, warga yang menyaksikan pun langsung menyoraki. Perlombaan itupun sangat menghibur karena selain untuk menyambut hari kemerdekaan juga sekaigus menjadi pengobat kejenuhan selama di pandemi COVID-19.

Baca Juga: Ada Cinta Laura, 5 Artis Rayakan Ulang Tahun di Hari Kemerdekaan Indonesia

"Kalau ada lomba pasti ikutan. Kan setahun sekali doang," tutur Zidane.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait