alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Ganjil Genap di Bandung Malah Bikin Macet, Polisi Minta Warga Bersabar

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 03 September 2021 | 11:43 WIB

Viral Ganjil Genap di Bandung Malah Bikin Macet, Polisi Minta Warga Bersabar
Pelaksanaan kebijakan ganjil genap hari pertama di Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung, Jumat (3/9/2021). [Suara.com/Cesar Yudistira]

Sempat terjadi antrean kendaraan sepanjang 3 kilometer di Gerbang Tol Pasteur.

SuaraJabar.id - Penerapan ganjil genap di Kota Bandung pada hari ini, Jumat (3/9/2021) dikeluhkan warga. Banyak warga yang kesal karena penerapan ganjil genap justru memicu kemacetan di pintu tol arah Kota Bandung.

Seperti yang terjadi di Gerbang Tol Pasteur. Dilaporkan akun Instagram @bdg.info, sempat terjadi kemacetan sepanjang 3 kilometer akibat adanya pemeriksaan kendaraan di GT Pasteur.

Unggahan foto kemacetan yang memperlihatkan antrean panjang di GT pasteur ini pun menjadi arena bagi warga untuk memuntahkan kekesalan mereka di kolom komentar.

Menanggapi hal ini, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung meminta pengertian dari masyarakat. Pasalnya, kebijakan ganjil genap ini diambil sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Ganjil Genap Akhir Pekan di Jalur Puncak Bogor Mulai Hari Ini, Simak Lokasi Pemeriksaannya

"Masyarakat mohon bersabar. Ini salah upaya program menekan mobilitas masyarakat di tengah PPKM level 3, di tengah Kota Bandung berstatus level 3. Ini salah satu upaya agar tidak terjadi penularan virus Covid-19," kata Aswin, saat ditemui di Kantor Kecamatan Cibeunying Kaler, usai meresmikan Kampung Tangguh Narkoba, pada Jumat (3/9/2021).

Aswin menjelaskan, program ganjil-genap ini mengurangi arus kendaraan roda empat atau lebih yang berasal dari luar kota Bandung. Dengan cara ini diharapkan dapat menekan angka penularan Covid-19 ke masyarakat kota Bandung.

"Ini sudah kita laksanakan pagi tadi, sampai Minggu, untuk mengurangi arus kendaraan roda empat ke Bandung," ucapnya.

Program ganjil-genap inipun di dukung oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial. Ia meminta masyarakat untuk dapat memahami, jika program ganjil-genap itu, salah satu mitigasi pemerintah, guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Terhadap program ganjil genap saya menghimbau masyarakat untuk memahami hal ini, bahwa ini dalam rangka mitigasi guna laju pertumbuhan Covid-19 yang sudah landai dengan program ini kita bisa menekan yah," kata Oded, di waktu dan tempat yang sama.

Baca Juga: Daftar Kendaraan Boleh Terobos Ganjil Genap Bogor di Jalan Raya Puncak dan Sentul

Sebelumnya, im gabungan dari jajaran Polri, TNI dan Dinas Perhubungan, sudah melakukan penyekatan di lima titik, diantaranya, Gerbang Tol Pasteur, Gerbang Tol Pasirkoja, Gerbang Tol Moh. Toha, Gerbang Tol Kopo, dan Gerbang Tol Buah Batu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait