alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar Bakal Gembleng Pasukan Komcad

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 21 September 2021 | 06:00 WIB

Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar Bakal Gembleng Pasukan Komcad
Apel keberangkatan 499 prajurit Komcad Kodam XII/Tpr untuk mengikuti latihan pembulatan di Batujajar. [Foto ANTARA/Jessica HW]

Ada 2.500 pasukan Komponen Cadangan yang akan mengikuti latihan pembulatan di Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar.

SuaraJabar.id - Sebanyak 499 prajurit Komponen Cadangan (Komcad) Kodam XII Tanjungpura angkatan pertama dikirim ke Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Batujajar.

Mereka dikirim ke Pusdiklatpassus milik pasukan baret merah tersebut untuk melakukan latihan pembulatan.

"Latihan pembulatan itu diberikan agar para prajurit Komcad memiliki kepercayaan sendiri dan memiliki standar yang sama," kata Wakil Komandan (Wadan) Rindam XII Tanjungpura, Kolonel (Inf) Endra Saputra Kusuma di Pontianak, Senin (21/9/2021)

Dia mengatakan, ke 499 prajurit Komcad angkatan pertama itu sebelum diberangkatkan ke Batujajar telah menjalani pendidikan dasar militer dan taktis selama tiga bulan di Rindam Kodam XII/Tanjungpura di Singkawang, baru kemudian diberangkatkan untuk menjalani latihan pembulatan di Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar.

Baca Juga: Kopassus Kandang Menjangan Bantu Vaksinasi Difabel di Bantul, Capaian Sudah 60 Persen

"Di Batujajar, ke 499 prajurit Komcad Kodam XII/Tpr ini akan bergabung dengan Komcad dari Kodam Jaya, Kodam III/ Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro dan Kodam V/Brawijaya," ujarnya.

Total dari lima Kodam yang ikut latihan di Batujajar kata dia, itu sebanyak 2.500 orang.

Menurut dia, di Batujajar para Komcad tersebut akan mendapat latihan pembulatan selama dua minggu.

Latihan itu hanya untuk pembulatan saja, untuk melihat latihan yang telah dijalani dan sejauh mana segi persepsi penguasaan materi latihan yang telah diberikan di masing-masing Rindam, katanya.

"Dan hari ini untuk para Komcad Kodam XII/Tpr kami berangkatkan secara resmi ditandai dengan apel di Pelabuhan Dwikora Pontianak," katanya.

Baca Juga: Darah Kopassus di Tengah Pandemi Dapat Apresiasi PMI

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait