alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sandiaga Uno Ingin Desa Wisata Saung Ciburian Jadi Ikon Baru Pariwisata Garut

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Sandiaga Uno Ingin Desa Wisata Saung Ciburian Jadi Ikon Baru Pariwisata Garut
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Desa Wisata Saung Ciburial Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (18/10/2021). [ANTARA/HO-Kemenparekraf]

"Selain memiliki daya tarik wisata sejarah, Desa Wisata Saung Ciburial memiliki daya tarik budaya dan event kreatif," kata Sandiaga Uno.

SuaraJabar.id - Kabupaten Garut memiliki segudang potensi pariwisata, mulai dari wisata alam, kuliner hingga wisata budaya.

Salah satu destinasi wisata di Garut yang kini tengah berkembang adalah Desa Wisata Saung Ciburial yang termasuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menginginkan Desa Wisata Saung Ciburial didorong menjadi ikon baru sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dia menerangkan bahwa desa ini memiliki daya tarik wisata alam dan buatan yang kreatif, seperti aktivitas edukasi berkebun serta budaya Garut, lanskap sawat, paket wisata outbound dan camping ground, dan peternakan domba Garut.

Baca Juga: PPKM Sudah Turun Level, Pemkot Yogyakarta Masih Pikir-pikir Buka Seluruh Destinasi Wisata

“Ini menjadi peluang sebagai the next destination bagi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Saya berharap, Ciburial jadi idola sekaligus ikon yang mendorong kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Garut,” ungkap Sandiaga Uno dikutip dari Antara, Selasa (19/10/2021).

Mengusung tema wisata edukasi, wisatawan yang datang bukan hanya menikmati berbagai sajian paket wisata yang ditawarkan, melainkan juga menyaksikan berbagai potensi kearifan lokal yang ada di desa dengan kemasan unik berupa berbagai potensi alam, budaya, sosial, serta kegiatan ekonomi warga.

Kegiatan wisata yang ditawarkan lebih menekankan pada pemanfaatan potensi alam, sosial, serta budaya masyarakat sebagai sebuah produk kearifan lokal setempat.

Para pengunjung diajak untuk belajar lebih mengenal kehidupan masyarakat pedesaan dari berbagai sisi, melalui berbagai paket yang dapat dipilih oleh para pengunjung sesuai minat dalam kemasan yang sederhana.

Adanya kegiatan desa tersebut, dianggap telah membawa banyak perubahan terutama terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat. Antara lain membuka kesempatan lapangan kerja bagi warga, diikuti geliat berbagai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mulai berkembang dan saling menopang dengan kegiatan desa wisata.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Perluas Daerah Wisata Bila Pandemi Covid-19 Mereda

Selain itu, disebutkan pula muncul upaya kreatif warga untuk melahirkan berbagai produk unggulan baru yang bernilai ekonomi tinggi dan menjadi aset desa ke depan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait