alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bisa Banget, Ini Syarat Utama Ganti Foto KTP Bandung

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 22 Oktober 2021 | 06:45 WIB

Bisa Banget, Ini Syarat Utama Ganti Foto KTP Bandung
ILUSTRASI e-KTP untuk Transgender. (Antara)

Ganti foto KTP Bandung bisa dilakukan dengan mudah.

SuaraJabar.id - KTP Elektronik berlaku seumur hidup. Lalu, bisakah pergantian foto dilakukan? ternyata bisa, jika ada yang mau, termasuk warga Bandung. Ganti foto KTP Bandung bisa dilakukan dengan mudah.

Namun, tak sembarang orang akan difasilitasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bandung. Apalagi alasannya cuma karena foto yang tertera dianggap tak menarik.

Sejumlah syarat wajib dipenuhi jika ada warga Bandung yang ingin ganti foto di KTP Elektronik. Pergantian boleh dilakukan agar data diri yang ada di KTP bisa lebih jelas.

Salah satu yang diperbolehkan adalah wanita yang baru memutuskan berhijab. Mereka boleh melakukan sesi foto lagi karena foto yang tertera di KTP belum mengenakan hijab.

Baca Juga: Pemkot Bandung Gelar Sayembara Pengelolaan Sampah, Segini Hadiahnya

Namun, secanggih-canggihnya alat foto yang dimiliki secara pribadi, pengambilan foto tak boleh dilakukan sendiri. Petugas dari Dinas Dukcapil yang memiliki hak untuk melakukan pengambilan foto dengan alat yang sudah disediakan.

Untuk itu, warga Bandung, terutama para wanita berhijab, yang ingin mengganti foto di KTP Bandung, tetap harus datang ke kantor Dinas Dukcapil Bandung atau kecamatan setempat. Di sanalah sesi foto untuk ganti foto KTP Bandung akan dilakukan.

Syarat yang dibutuhkan untuk pergantian foto di KTP ini sangat mudah. Warga Bandung yang ingin ganti foto cukup membawa KTP Elektronik lama dan fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Syarat seperti pengantar dari RT/RW sudah tak diperlukan lagi. Seluruh layanan ini dapat dilakukan dengan gratis. Untuk waktu pencetakan KTP Elektronik baru cukup bervariasi, bisa cepat atau lambat, tergantung jaringan di pusat.

Dijelaskan Dinas Dukcapil Kabupaten Bandung Barat, setelah data perekaman (termasuk sesi foto) dilakukan, data dari daerah akan dikirim ke Data Center Kemendagri (Pusat).

Baca Juga: Suzuki Carry Ringsek Tertimpa Pohon Tumbang di Gedebage Kota Bandung

Setelah itu masuk pada fase pengecekan data dan penunggalan data. Ketika sudah sesuai, fase pencetakan bisa dilakukan. Warga Bandung yang melakukan pergantian foto pun bisa menerima KTP Elektronik baru.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait