alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Langkah Memperbesar Ukuran JPG Pakai Aplikasi Paint

Dinar Surya Oktarini Rabu, 27 Oktober 2021 | 12:30 WIB

4 Langkah Memperbesar Ukuran JPG Pakai Aplikasi Paint
Memperbesar ukuran JPG. [Shutterstock]

Berikut informasi tentang cara memperbesar ukuran JPG, yuk dicontoh.

SuaraJabar.id - Serba digital kini makin memudakan kita untuk mendapatkan foto dengan berbagai ukuran, ada beberapa cara memperbesar ukuran JPG

Yang menjadi masalah adalah kerap kali dokumen foto yang kita kirim tidak sesuai dengan permintaan, ketika kita temui hal tersebut artinya foto yang kita kirim tidak memiliki resolusi sesuai dengan apa yang diminta.

Perlu anda ketahui bahwa terdapat beberapa elemen dalam sebuah foto yang berkaitan dengan kualitas gambar, yakni resolusi dan pixel. Apa itu resolusi? Apa itu pixer? Bagaimana cara memperbesar ukuran JPG foto?

Ilustrasi edit foto, edit video, edit gambar. [Shutterstock]
Memperbesar ukuran JPG. [Shutterstock]

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang cara memperbesar ukuran jpg menggunakan aplikasi Paint dan faktor yang mempengaruhinya.

Baca Juga: Bisa Offline dan Online, Ini 3 Cara Memperbesar Ukuran Foto

Definisi JPG, Pixel dan Resolusi

Sebelum kita lebih jauh membabas tentang tata cara memperbesar ukuran jpg, terlebih dahulu kita akan membahas tentang apa itu JPG.

Perlu diketahui, JPG adalah 3 huruf nama file foto yang digunakan dalam sistem operasi Windows, namun saat ini umumnya anda akan menemukan kode .jpeg. Hal ini terjadi karena saat ini Windows sudah mendukung untuk menggunakan 4 karakter.

Salah satu ciri JPG adalah tetap terdapatnya kualitas gambar file dengan redunansi data yang lebih sedikit seletah dilakukan proses kompresi. Maka dari itu file JPG cenderung membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, selain itu juga karena file jenis ini masih menggunakan algoritma kompresi lossy berfungsi untuk tetap menjaga kualitas gambar.

Pixel

Baca Juga: 4 Aplikasi untuk Cara Memperbesar Ukuran Foto JPG Online

Pixel adalah singkatan dari picture elements atau yang juga dapat diartikan sebagai jutaan titik kecil yang menjadi penyusun dalam sebuah foto. Dalam sebuah pixel terdapat informasi terkait foto seperti warna (hue), kekuatan warna (saturation) dan seberapa terang penampilan dari warna tersebut (brightness).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait