facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Praktis! Begini Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 29 Oktober 2021 | 08:15 WIB

Praktis! Begini Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK
Ilustrasi BPJS Kesehatan

Caranya cukup mudah kok, begini cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK.

SuaraJabar.id - BPJS Kesehatan meningkatkan sistem pelayanan tanpa harus berkunjung ke kantor cabang. Bagi peserta yang lupa atau kehilangan kartu, cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) bisa dilakukan dengan praktis.

BPJS Kesehatan merupakan bentuk jaminan pelayanan kesehatan yang merata dari pemerintah untuk masyarakat. Dengan terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, masyarakat bisa memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.

Kartu kepersertaan BPJS Kesehatan. [bpjs-kesehatan.go.id]
Kartu kepersertaan BPJS Kesehatan. [bpjs-kesehatan.go.id]

Dalam menjalankan fungsinya, ada salah satu poin yang tertera dalam laman resminya, yakni dalam hal informasi. BPJS Kesehatan berfungsi memberi informasi mengenai penyelenggaraan program jaminan sosial kepada peserta dan masyarakat.

Fungsi informasi ini dijalankan secara maksimal oleh BPJS Kesehatan. Ada banyak kemudahan yang diberikan kepada masyarakat yang ingin mengetahui banyak hal tentang BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Tiga Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif Atau Tidak

Salah satunya jika peserta lupa nomor BPJS Kesehatan, karena kartu fisiknya hilang, padahal dalam situasi genting. Dengan mudah, cek nomor BPJS dengan NIK bisa dilakukan. Berikut caranya:

1. SMS Gateway

BPJS Kesehatan membuka layanan SMS Gateway pada nomor seluler 087775500400. Layanan ini diperuntukan bagi masyarakat yang ingin mengakses informasi mengenai data pribadi peserta, salah satunya nomor BPJS Kesehatan.

Caranya sangat mudah. Peserta tinggal mengirimkan SMS ke nomor 087775500400 dengan format NIK (spasi) Nomor Induk Kependudukan.

Contohnya, bila seorang peserta bernama Kadek dengan nomor induk kependudukan 3379051107090002 ingin, ingin mengetahui nomor BPJS Kesehatan. Dia hanya perlu mengetik "NIK 3379051107090002" kirim ke 087775500400.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Ajak Seluruh Pihak Jaga Keberlangsungan JKN-KIS

SMS Gateway ini juga bisa untuk mengetahui iuran seorang peserta BPJS Kesehatan. Formatnya dengan mengirimkan SMS TAGIHAN (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan, kirim ke 087775500400.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait