alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Tempat Wisata Karawang Wajib Anda Kunjungi, Tak Perlu ke Bandung

Pebriansyah Ariefana Minggu, 14 November 2021 | 09:44 WIB

7 Tempat Wisata Karawang Wajib Anda Kunjungi, Tak Perlu ke Bandung
Green Canyon Karawang (Instagram: Isharshidiq/wisnurushadi)

Daerah ini terletak di bagian utara Pulau Jawa, dan memiliki garis pantai yang mengarah langsung dengan Laut Jawa.

SuaraJabar.id - Kabupaten Karawang di Propinsi Jawa Barat, selama ini dikenal sebagai lumbung padi dan daerah industri. Daerah ini terletak di bagian utara Pulau Jawa, dan memiliki garis pantai yang mengarah langsung dengan Laut Jawa. Berikut kami sajikan tempat Wisata Karawang.

Meski identik dengan persawahan dan pabrik, Kabupaten Karawang juga menyimpan potensi wisata yang mengagumkan.

Di wisata Karawang kita bisa memilih jenis wisata yang kita sukai. Wisata alam ada, wisata pantai ada, wisata sejarah juga ada, dan tak ketinggalan wisata kuliner.

Berikut beberapa rekomendasi wisata Karawang yang bisa anda agendakan pada musim liburan mendatang.

Baca Juga: Koleksi 127 Medali Emas, Tuan Rumah Juara Umum Peparnas Papua

1. Curug Cigentis

Curug Cigentis (instagram)
Curug Cigentis (instagram)

Kita mulai ulas wisata Karawang dari daerah pegunungan. Curug Cigentis adalah salah satu lokasi wisata Karawang yang terkenal. Lokasinya adari Kabupaten Karawang bagian selatan, di kaki Gunung Sanggabuana, tepatnya di daerah Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang.

Laman javatravel menulis, Curug menjulang dengan ketinggian 25 meter dan dipadu dengan rimbunnya pepohonan. Karena berada di Kawasan Gunung Sanggabuana, daerah ini berudara sejuk dan kerap dijadikan tempat hiking atau bersepeda.

2. Green Canyon Karawang

Aliran sungai Cibeet di objek wisata Green Canyon meluap pada Kamis (4/11/2021). [Instagram @infojawabarat]
Aliran sungai Cibeet di objek wisata Green Canyon meluap pada Kamis (4/11/2021). [Instagram @infojawabarat]

Masih seputar wisata pegunungan. Bukan hanya Pangandaran, garut dan Bogor, Karawang juga punya destinasi wisata Green Canyon. Lokasinya ada di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang. untuk menuju ke Green Canyon ini, dari pusat kota Karawang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit.

Baca Juga: Misteri Hilangnya Santri di Banjar Terjawab, Ternyata...

Laman dishub.karawangkab.go.id menulis, dibanding Green Canyon di daerah lain, Green Canyon Karawang ukurannya lebih kecil. Tapi pesonanya tak kalah dengan yang lainnya. Disini ada sebuah air terjun dan sungai yang airnya berwarna hijau.

Di sisi kiri dan kanannya ada tebing yang mengapit aliran sungai kecil tersebut. Sensasi petualangannya semakin terasan dengan keberadaan bebatuan besar dan akat pohon tua yang cukup eksotis.

3. Pantai Tanjung Pakis

Sekarang kita beralih ke wilayah pesisir pantai. Kabupaten Karawang memiliki garis pantai sepanjang 84 kilometer. Tak heran di daerah ini ada sejumlah lokasi wisata pantai. Salah satunya adalah Pantai tanjong Pakis yang terletak di Kecamatan Pakisjaya, berjarak sekitar 68 Km dari pusat Kota Karawang, arah ke Utara.

Laman dishub.karawangkab.go.id menulis, Pantai Pakis Jaya membentang sepanjang 7 kilometer. Disini ada sejumlah fasilitas liburan yang bisa dinikmati para wisatawan. Diantaranya dermaga kayu, sarana outbound, banana boat dan lain sebagainya. Bagi Anda yang gemar wisata di tengah laut, bisa menyewa perahu untuk menikmati panorama lepas dari bibir pantai.

4. Situs Candi Jiwa

Situs Candi Jiwa terletak di Jalan Candi Jiwa, Segaran, Kecamatan Batujaya. Dari pusat kota Karawang lokasinya sebelum Pantai Pakis Jaya. Laman itrip.id menulis, Candi Jiwa adalah candi peninggalan Buddha Kuno. Beberapa sumber menyebut candi ini suda ada sejak masa kerajaan Tarumanegara, sekitar abad ke-2 hingga ke-12 masehi.

Candi ini berada di tengah persawahan milik warga setempat. Awalnya keberadaan candi ini tidak diketahui karena terkubur oleh gundukan tanah yang berbentuk bukit kecil.

Pada 1984 warga menemukan struktur bangunan di dalam bukit tersebut dan langsung melapor pada pemerintah setempat. Setelah diteliti, baru diketahui ada sebuah candi yang terkubur di dalamnya.

5. Bendungan Walahar

Satu lagi lokasi wisata sejarah di Kabupaten Karawang, yakni Bendungan Walahar. Lokasinya ada di Desa Walahar Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Bendungan ini dibangun oleh pemerintah colonial Belanda pada 1918 dan selesai pada 1925. Laman walahar.desa.id menulis, Bendungan Walahar adalah saksi dari bergesernya peradaban sungai, khususnya di Kabupaten Karawang.

Bendungan ini membagi aliran Sungai Citarum yang membelah Kabupaten Karawang, sehingga debit airnya bisa diatur untuk mengairi areal persawahan. Di usianya yang hampir 100 tahun ini, Bendungan Walahar masih berdiri gagah dengan bentuk aslinya yang masih dipertahankan. Bendungan ini cocok dijadikan tempat wisata keluarga, utamanya sambal menikmati sore.

Dan jangan lupa abadikan momen berkunjung ke Bendungan Walahar dengan berfoto ria. Hasilnya akan bagus sekali untuk diunggah ke media sosial.

6. Vihara Sian Djin Ku Poh

Karawang juga menyimpan lokasi wisata religi. Salah satunya adalah Vihara Sian Djin Ku Poh, yang terletak sekitar 4 kilometer dari pusat kota Karawang, tepatnya di Jalan Rangga Gede no. 1, tanjong Pura. Laman itrip.id menulis, Vihara iniberdiri pada 1770 lalu dan suda dibuka untuk umum.

Meski vihara ini masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Konghucu, tempat ini masih ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya itu, jelang hari-hari besar, vihara ini suka mengadakan berbagai acara yang menarik untuk diikuti.

7. Pepes Ikan Jambal Haji Dirja

Jalan-jalan ke suatu daerah tak lengkap rasanya kalau kita tidak mencicipi kuliner khasnya. Begitu juga kalau kita berkunjung ke Karawang, jangan lupa untuk mampir ke Rumah Makan Pepes Jambal Haji Dirja.

Lokasinya tak jauh dari bendungan Walahar, tepatnya di Jalan Bendungan Walahar, Walahar, Kutapohaci,Ciampel, Kabupaten Karawang, Pepes ini bisa dibilang kuliner khas Desa Walahar, yang juga makanan khas Karawang.

Laman walahar.desa.id menulis, rumah makan ini suda berdiri sejak 1994. Meski memakai nama Ikan Jambal, di rumah makan ini juga terdapat pilihan pepes lainnya, seperti pepes ayam, pepes oncom, pepes jamus dan pepes peda.

Namun pepes jambal adalah kuliner andalannya. Tampilan rumah makan ini sangat sederhana. Dengan resep yang suda diwariskan secara turun temurun, Pepes Jambal Haji Dirja memikat lidah banyak orang, termasuk Presiden Joko Widodo pernah berkunjung ke rumah makan ini.

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata Karawang yang bisa anda kunjungi. Anda suka wisata yang mana? Tinggal pilih dan langsung ajak keluarga serta teman anda untuk berkunjung ke sana.

Kontributor : Rio Rizalino

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait