facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Makanan Khas Indonesia Terkenal Sampai Luar Negeri

Pebriansyah Ariefana Minggu, 14 November 2021 | 14:06 WIB

10 Makanan Khas Indonesia Terkenal Sampai Luar Negeri
Sate ayam di Pasar Lama Tangerang. (Suara.com/Dinda Rachamawati)

Ada banyak sekali hidangan tradisional dan warisan ikonik dari berbagai pulau di Indonesia.

SuaraJabar.id - Bule pasti suka 10 makanan khas Indonesia ini. Sebab daftar makanan khas Indonesia ini terkenal hingga ke luar negeri. Apa saja?

Beberapa daftar makanan khas Indonesia di bawah ini mungkin akan membantu kamu untuk berpetualangan kuliner. Ada banyak sekali hidangan tradisional dan warisan ikonik dari berbagai pulau di Indonesia.

Daftar Makanan Khas Indonesia yang terkenal di luar negeri

1. Gudeg

Baca Juga: 8 Makanan Khas Jogja Paling Enak, Bukan Cuma Sate Klatak

Makanan khas Indonesia selanjutnya yang menjadi makanan Internasional yang telah diakui dunia yaitu, gudeg. Makanan khas Yogyakarta ini cenderung manis karena menggunakan buah nangka manis sebagai bahan utamanya.

Buah ini direbus dalam campuran santan, gula aren, dan bumbu khas Yogyakarta selama beberapa jam. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga menghasilkan hidangan yang sangat lembat. Biasnya, gudeg akan disajikan dengan beberapa daging ayam atau kulit sapi goreng untuk sedikit tambahan protein.

2. Sate

Sate adalah daging tusuk yang dimasak atau dibakar di atas arang. Sate tusuk ini biasanya menggunakan daging ayam, kambing, kelinci, atau bagian lainnya yang disajikan dengan menggunakan saus kacang pedas. Daging biasanya akan direndam di dalam bumbu rempah sebelum dimasak.

3. Nasi Rawon

Baca Juga: Selain Kerak Telor, Ini 5 Makanan Khas Betawi Paling Lezat dan Wajib Dicicipi

Rawon Buntut Tanpa Lemak Cak Moek di Gresik. (Suara.com/Amin Alamsyah)
Rawon Buntut Tanpa Lemak Cak Moek di Gresik. (Suara.com/Amin Alamsyah)

Selanjutnya, makanan khas Indonesia lainnya yaitu nasi rawon. Nasi rawon merupakan sebuah hidangan yang terbuat dari daging sapi rebus dari Jawa Timur. Rawon memiliki rasa pedas dan warna hitam yang pekat dari penggunaan kacang keluak.

4. Rendang

Makanan khas Indonesia yang satu ini seperti kari daging sapi, tetapi tanpa kaldu. Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam saus santan dan rempah-rempah selama beberapa jam. Makanan khas daerah Palembang ini membutuhkan kesabaran dan keterampilan saat memasaknya.

5. Kerak Telor

Makanan khas Indonesia yang satu ini dimiliki oleh masyarakat Betawi. Makanan tradisional ini semacam nasi goreng yang dimasak di atas arang dan dibuat dari ketan dan juga telur. Hidangan yang berbentuk omelet ini biasanya diisi dengan bawang goreng dan kelapa parut.

6. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang khas Lombok ala Hotel Mercure Cikini. (Suara.com/Risna Halidi)
Ayam Taliwang khas Lombok ala Hotel Mercure Cikini. (Suara.com/Risna Halidi)

Makanan khas daerah Nusa Tenggara Barat ini berbahan dasar daging ayam yang dibakar dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan juga garam. Biasanya ayam taliwang disajikan bersama bumbu tambahan, dan menu tambahan seperti plecing kangkung.

7. Soto

Makanan khas Indonesia berikutnya yang cukup terkenal di luar negeri adalah soto. Bukan tanpa alasan, soto memang menjadi favorit orang Indonesia. Bahkan ada beragam soto di Indonesia, mulai dari Soto Betawi, Soto Lamongan, Soto Mie Bogor, Soto Banjar, Soto Padang, Coto Makassar, Soto Lenthok, Soto Kudus, Soto Tauco Pekalongan, Soto Kemiri, dan masih banyak lagi. Popularitas soto di luar negeri ini sama dengan bakso

8. Nasi Goreng dan Mie Goreng

Hampir semua bule pasti bisa makan kuliner satu ini. Bahkan banyak orang dari seluruh dunia suka dengan cita rasa nasi goreng khas Indonesia. Tak cuma nasi goreng, mie goreng juga terkenal di luar negeri.

9. Sop Buntut

Sajian Sop Buntut Sapi di Chop Buntut Cak Yo
Sajian Sop Buntut Sapi di Chop Buntut Cak Yo

Siapa sih yang tidak suka dengan sop buntut? Kuahnya penuh dengan kaldu dan terasa segar. Kentang, tomat, dan wortel menjadi pelengkapnya. Biasanya potongan ekor sapi disajikan dengan ukuran cukup besar.

10. Gado-gado

Gado-gado. (Instagram/@intanjenny)
Gado-gado. (Instagram/@intanjenny)

Gado-gado bisa disebut sebagai salad ala Indonesia. Mungkin karena seperti salad makanya para bule suka gado-gado. Kuliner ini berisi berbagai macam sayuran segar yang dipadu dengan bumbu kacang. Biasanya dimakan dengan kerupuk.

Itu tadi daftar makanan khas Indonesia terkenal di luar negeri. Anda suka yang mana?

(Rishna Maulina Pratama)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait