facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bisa via Aplikasi Cek Bansos, Ini Cara Cek Bansos Kemensos dengan Mudah

Dinar Surya Oktarini Senin, 22 November 2021 | 15:43 WIB

Bisa via Aplikasi Cek Bansos, Ini Cara Cek Bansos Kemensos dengan Mudah
Ilustrasi Bansos Covid-19. [Antara/M Risyal Hidayat]

Yuk simak cara cek bansos Kemensos di aplikasi Cek Bansos.

SuaraJabar.id - Kini aplikasi Cek Bansos bisa digunakan untuk kamu mengecek bansos kemensos. Perlu diketahui aplikasi Cek Bansos ini merupakan milik dari Kementerian Sosial RI yang berfungsi untuk bantuan sosial. 

Selain itu, aplikasi Cek Bansos ini juga memiliki fitur usul hingga sanggah penerima bansos jika masyarakat menemukan bansos tidak tepat sasaran. Lalu bagaimana cara cek bansos Kemensos di aplikasi Cek Bansos? Simak penjelasan berikut.

Cara cek bansos Kemensos di aplikasi Cek Bansos

Menyadur dari Youtube resmi pemerintah pada 18 Agustus 2021, anda dapat menggunakan sebuah aplikasi yang bernama “Cek Bansos” untuk mengecek apakah nama anda terdaftar sebagai penerima bantuan bansos.

Baca Juga: Ribuan ASN Dapat Bansos, Pakar UGM Tegaskan Mentalitas Miskin Penyebab Salah Sasaran

Untuk dapat mengecek keterdaftaran diri pada pemberian dana bantuan sosial yang diagendakan pemerintah anda cukup mengikuti beberapa langkah di bawah:

1.       Unduh Aplikasi

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah tentunya mencari dan mendownload Aplikasi Cek Bansos pada platform Google Play Store. Pastikan bahwa aplikasi yang anda unduh merupakan aplikasi resmi besutan Kementerian Sosial.

Pasalnya, kini banyak sekali ditemui aplikasi serupa yang juga mengatasnamakan pemberian bantuan sosial. Padahal aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang dibuat oleh oknum tidak bertanggung jawab dan bahkan dapat memancing penipuan.

2.       Melakukan Registrasi

Baca Juga: Mensos Risma Soroti Molornya Penyaluran 7.000 Kartu Bansos di Nganjuk

Langkah kedua yang perlu anda lakukan adalah melakukan registrasi. Pasalnya aplikasi ini bekerja berdasarkan data yang sebelumnya sudah diprogram oleh pemerintah. Artinya untuk dapat menggunakan aplikasi ini maka anda diharuskan untuk melakukan registrasi data diri.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait