facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Harga Sejumlah Komoditas Pangan di Kota Bandung Naik Jelang Nataru

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 03 Desember 2021 | 16:16 WIB

Harga Sejumlah Komoditas Pangan di Kota Bandung Naik Jelang Nataru
ILUSTRASI pedagang cabai merah di pasar tradisional. [Klik Positif]

Komoditas telur turut mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan sedangkan harga bawang relatif tidak naik.

SuaraJabar.id - Jelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 atau Nataru, harga beberapa komoditas pangan di Kota Bandung terpantau naik.

Hal ini berdasarkan pemantauan yang dilakukan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung di delapan pasar tradisional dan delapan ritel.

Hasilnya, didapati harga cabai merah tanjung Rp 50.000 sedangkan termahal Rp 60.000 per kilogram. Sedangkan telur di harga Rp 25.000 per kilogram melebihi harga eceran tertinggi Rp 24.000.

Sedangkan harga cabai rawit merah mencapai Rp 70.000 per kilogram yang semula di harga Rp 24.000. Lalu bawang merah Rp 35.000 per kilogram.

Baca Juga: Peraturan Sekolah Tidak Libur Saat Natal dan Tahun Baru 2022

"Kami memantau harga yang bergerak naik sampai hari kemarin ada tiga pertama adalah minyak goreng yang memang cukup signifikan kenaikannya, kedua adalah cabe tanjung ya sama cabe keriting," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung Elly Wasliah, Jumat (3/12/2021).

Ia menuturkan komoditas telur turut mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan sedangkan harga bawang relatif tidak naik.

Kenaikan harga-harga tersebut dipantau oleh petugas Disdagin tiap pekan di hari Kamis.

"Telur tidak terlalu lah (naik) yang agak tinggi itu cabe sama minyak ini rencananya kan minyak sudah hari ini (operasi pasar)," ujarnya.

Meski tidak berdampak signifikan, Elly mengatakan pemerintah berupaya hadir di masyarakat melalui operasi pasar minyak goreng. Terkait kenaikan harga cabai, pihaknya mengaku kesulitan untuk mendapatkan stok barang.

Baca Juga: Pertumpahan Darah Kembali Terjadi di Proyek Perbaikan Jalan Cihampelas Bandung Barat

"Kalau untuk cabe memang kita agak sulit mencari stoknya ya untuk ini kita akan koordinasi dengan daerah-daerah produsen cabe," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait