alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pelaku Pembobolan Kartu Pekerja yang Berhasil Cairkan Dana Miliaran, Ditangkap di Hotel

Lebrina Uneputty Minggu, 05 Desember 2021 | 07:13 WIB

Pelaku Pembobolan Kartu Pekerja yang Berhasil Cairkan Dana Miliaran, Ditangkap di Hotel
4 pelaku pembobolan kartu pekerja yang berhasil cairkan dana miliaran akhirnya tertangkap, Sabtu (4/12/2021).[Caesar/SuaraJabar]

Komplotan ini, memanfaatkan adanya kebocoran data kependudukan yang diperjualbelikan melalui aplikasi Telegram.

SuaraJabar.id -  Subdit 1 Indag Ditreskrimsus Polda Jabar, amankan4  orang yang diduga melakukan tindak pidana, membuat kartu Prakerja fiktif .

Namun kartu Prakerja fiktif itu, para pelaku yang berjumlah empat orang itu, berhasil mencairkan uang bantuan pemerintah dengan total belasan miliyar rupiah.

Keempat pelaku yang diamankan yakni berinisial AP, AR, RW dan WG. Mereka diamankan pada 29 November 2021, di salah satu hotel, yang ada di Kota Bandung.

Penangkapan keempat pelaku, berawal dari adanya dugaan kelompok orang yang diduga melakukan akses ilegal terhadap data base kependudukan yang digunakan untuk membuat kartu prakerja fiktif yang merupakan program pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Komplotan ini, memanfaatkan adanya kebocoran data kependudukan yang diperjualbelikan melalui aplikasi Telegram.

Mereka membeli data kependudukan Dukcapil, lalu melakukan modifikasi atau hacking pada data kependudukan tersebut.

Data yang telah dimodifikasi itu, lalu oleh para pelaku didaftarkan untuk register dan login ke website prakerja www.dashboard.prakerja.go.id.

Setelah diregistrasi, mereka mendapat pencairan dana kartu Prakerja dari pemerintah sebagai bantuan dampak pandemi Covid-19.

Komplotan ini telah menjalankan bisnisnya ini, sejak tahun 2019. Mereka mendapat 500 data yang dibelinya dari aplikasi Telegram.

Penghasilan dari membuat kartu Prakerja fiktif ini, mereka dapat mencairkan dana sebesar 500 juta perbulannya. Total keuntungan sampai dengan kekinian, mereka meraup untung dengan total 18 miliyar, berdasarkan catatan kepolisian.

Komentar

Berita Terkait