alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sambangi Petani Jeruk di Bandung Barat, Erick Thohir Beri Pesan Begini"

Lebrina Uneputty Minggu, 05 Desember 2021 | 12:53 WIB

Sambangi Petani Jeruk di Bandung Barat, Erick Thohir Beri Pesan Begini"
Menteri BUMN Erick Thohir Saat Berkunjung ke Petani di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB).[Ferry Bangkit/SuaraJabar]

Sebab, hal itu sangat penting agar hasil tanaman bisa terjual sesuai harapan.

SuaraJabar.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong para petani agar memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan dan memasarkan produk pertaniannya.

Hal itu disampaikan Erick Thohir saat mengunjungk lahan pertanian jeruk lemon California dan Dekopon di Kampung Tugu 4, Desa Tugumukti, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Minggu (5/12/2021).

"Rekan-rekan petani juga sekarang sudah harus mulai melek teknologi, karena memang sekarang ini kan eranya sudah berubah (serba teknologi)," ungkap Erick kepada wartawan.

Menteri yang juga pengusaha itu mengatakan, teknologi bisa digunakan petani dari mulai penanaman, panen hingga pemilahan. Seperti yang  sudah diterapkan di lahan pertanian jeruk lemon di Bandung Barat.

"Apakah teknologi dari penanaman, pemilihan hasil tanamannya, dan jaringan pasar yang harus bisa membuktikan kemampuan mereka sebagai petani sukses," jelas Erick.

Setelah menguasai teknologi, para petani juga diminta supaya bisa melihat peluang pasar untuk menjajakan produk pertanian yang mereka hasilkan. Sebab, hal itu sangat penting agar hasil tanaman bisa terjual sesuai harapan.

"Setelah itu, tinggal bagaimana para petani di kita ini mesti bisa juga melihat peluang pasar, jangan hanya fokus bercocok tanam saja karena pasar jadi instrumen yang penting," terang Erick.

Kontributor : Ferrye Bangkit Rizki

Komentar

Berita Terkait