alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Disopiri Ridwan Kamil, Sri Sultan HB X Nostalgia Keliling Bandung

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 07 Desember 2021 | 20:54 WIB

Disopiri Ridwan Kamil, Sri Sultan HB X Nostalgia Keliling Bandung
Ngarso Dalem dan Ratu Hemas nostalgiaan di Bandung ditemani Ridwan Kamil. [Pemprov Jawa Barat]

"Jadi, tadi kita lewat Taman Cibeunying Selatan terus ke Cihapit, karena ternyata Ratu Hemas dulu sering jalan kaki belanja ke Pasar Cihapit dan makan di sini," ujar Kang Emil

SuaraJabar.id - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menyambangi Kota Bandung pada Selasa (7/12/2021).

Sri Sultan Hamengku Buwono diajak menyusuri Kota Kembang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menggunakan kendaraan dinas atau mobil listrik. Kang Emil menjadi 'sopir dadakan' bagi orang nomor satu di DIY Yogyakarta itu.

"Hari ini saya jadi sopir. Mudah-mudahan sesuai dengan aplikasi, keliling ke tempat Ngarso Dalem (Sri Sultan) dulu, yang sering ke rumah (calon) istri dulu Kanjeng Ratu Hemas," kata Kang Emil di Gedung Sate.

Kang Emil pun bercerita, ketika di perjalanan Sri Sultan Hamengku Buwono X memintanya untuk melewati Taman Cibeunying Selatan dan Pasar Cihapit.

Baca Juga: 5 Oleh-oleh Khas Bandung Paling Populer dan Super Lezat

Dua tempat itu selalu diingat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas.

Sebab semasa dulu orang tua Ratu Haemas pernah berdinas di Kota Bandung sehingga Sri Sultan kerap berkunjung ke Kota Kembang ini.

"Jadi, tadi kita lewat Taman Cibeunying Selatan terus ke Cihapit, karena ternyata Ratu Hemas dulu sering jalan kaki belanja ke Pasar Cihapit dan makan di sini (Ayam Goreng Nikmat Panaitan)," ungkap Kang Emil.

Selama berkeliling ke berbagai sudut Kota Bandung, Kang Emil juga mengajak Sri Sultan Hamengku Buwono X melewati Jalan Majapahit dan Jalan Hayam Wuruk yang berada di pusat kota.

Kemudian Kang Emil dan Sri Sultan HB X menyantap hidangan di Ayam Goreng Nikmat Panaitan.

Baca Juga: 7 Tempat Camping di Bandung dengan Pemandangan yang Keren Abis!

Sementara itu, Sri Sultan HB X menceritakan pada zaman dulu, Gusti Kanjeng Ratu Hemas menetap di Bandung untuk mengikuti orang tuanya yang berprofesi sebagai Tentara dan tinggal di sekitar Cibeunying.

"Karena istri saya dulu kan anak tentara, tugas orang tuanya di sini dan punya perumahan di daerah Taman Cibeunying situ, tadi lewat situ sudah berubah semua, ya, mungkin sudah 50 tahun yang lalu," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait