10 Syarat Sah Wudhu yang Wajib Dipenuhi

Syekh Salim bin Sumair al-Hadrami dalam kitabnya Safinatun Naja menjelaskan bahwa ada sejumlah syarat sah wudhu yang harus dipenuhi.

Pebriansyah Ariefana
Sabtu, 11 Desember 2021 | 12:20 WIB
10 Syarat Sah Wudhu yang Wajib Dipenuhi
Umat Muslim penyandang disabilitas memanfaatkan tempat wudhu khusus disabilitas di Masjid El Syifa, Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (18/5).[Suara.com/Arief Hermawan P]

SuaraJabar.id - Wudhu adalah salah satu rukun yang harus dilakukan umat Islam sebelum salat. Lewat wudhu, kita menyucikan diri dari najis atau kotoran dengan membasuh beberapa anggota tubuh. Apa saja syarat sah wudhu?

Syekh Salim bin Sumair al-Hadrami dalam kitabnya Safinatun Naja menjelaskan bahwa ada sejumlah syarat sah wudhu yang harus dipenuhi.

Ilustrasi wudhu, berwudhu, muslim (Elemen Envato)
Ilustrasi wudhu, berwudhu, muslim (Elemen Envato)

Berikut 10 syarat sah wudhu yang wajib dipenuhi.

1. Islam

Baca Juga:Hadiri Acara Ustaz Abdul Somad, Giovanni Tobing: Saya Ingin Menjadi Lebih Baik

Syarat wudhu yang paling prinsip adalah beragama Islam. Tak sah wudhunya kalangan nonmuslim. Menurut pendapat Imam Nawawi, wudhu adalah ibadah badaniyah, sehingga secara jasmani, orang yang beragama Islamlah yang boleh dan sah melakukan wudhu.

2. Tamyiz

Dapat membedakan baik dan buruknya suat pekerjaan. Anak kecil dan orang gila yang melaksanakan syarat wudhu dianggap tidak sah karena belum bisa membedakan hal yang baik dan buruk.

3. Bersih Dari Haid dan Nifas

Tak sah wudhunya bagi perempuan yang masih haid dan nifas. Mereka juga dilarang salat dan membaca Alquran, sehingga mereka sebenarnya tidak perlu berwudhu.

Baca Juga:Mantan Wakapolri Jadi Wakil Presiden Dunia Melayu Dunia Islam

4. Tidak Ada Penghalang Basuhan Air Sampai Kulit

Jika anggota tubuh tertutup sesuatu seperti getah, kutek, dan cat, maka harus dibersihkan terlebih dahulu sebagai syarat wudhu. Jika air tak sampai kena kulit, maka wudhu tidak sah.

Umat Muslim penyandang disabilitas menunaikan sholat di Masjid El Syifa, Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (18/5). [Suara.com/Arief Hermawan P]
Umat Muslim penyandang disabilitas menunaikan sholat di Masjid El Syifa, Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (18/5). [Suara.com/Arief Hermawan P]

5. Bersih Dari Sesuatu yang Dapat Mengubah Air, Seperti Za’faran

6. Mengetahui Rukun Wudhu

Fardhu wudhu ada enamm yakni niat, membasuh wajah, membasuh kedua tangan, mengusap kepala, membasuh kedua kaki sampai mata kaki dan tertib.

7. Mengetahui Sunnah Wudhu

Sunnah wudhu bukan bagian dari rukun wudhu, tapi bernilai pahala jika dikerjakan. Sunnah wudhu ada 10 yaitu bersiwak, membaca basmalah, berkumur-kumur, membasuh lubang hidung, menyapu seluruh rambut dengan air, mendahulukan anggota wudhu yang kanan dari pada yang kiri, menyapu kedua telinga luar dan dalam, membasuh, dan menyela-nyela jari-jari tangan dan kaki.

8. Air Suci

Seorang yang wudhu tetap berprasangka bahwa air yang ia gunakan adalah air yang suci. Jika ia berprasangka bahwa airnya adalah air yang mutanajis (air yang terkena najis), wudhunya tidak sah.

9. Masuk Waktu Sholat

Ini adalah syarat bagi orang yang selalu berhadas, misalnya orang yang terkena istihadah. Biasanya mereka melakukan wudhu saat masuk waktu salat saja.

10. Berulang-Ulang.

Syarat ini juga menurut Syekh Nawawi diperuntukkan orang yang selalu berhadas (da’imul hadis).

Itulah 10 syarat sah wudhu yang wajib dipenuhi sebagai umat Muslim. Jangan sampai terlewat satu pun ya agar ibadahmu bernilai pahala.

Kontributor : Alan Aliarcham

News

Terkini

"Jadi di Indonesia ini sudah identifikasi 295 patahan aktif. Namun patahan Cugenang yang ini belum termasuk yang teridentifikasi," ujar Dwikorita.

| 21:29 WIB

"Bahkan elektabilitas beberapa capres papan tengah, seperti Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan Agus Harimurty Yudhoyono (AHY) memperlihatkan trend menurun," ujarnya.

News | 15:23 WIB

"Jika Hery Jung berhasil ditahan maka selanjutnya tinggal satu nama yang harus terus diusut secara tuntas yaitu Heru Darmanto," kata Manajer Advokasi Walhi Jabar, Iwank.

News | 14:49 WIB

Diketahui, guncangan kuat gempa bumi yang berpusat di darat wilayah Sukabumi merupakan gempa intraslab atau gempa Benioff.

News | 13:12 WIB

Mereka berbondong-bondong berangkat dari desa masing-masing menggunakan mobil angkutan kota sejak pukul 05.00 WIB.

News | 10:34 WIB

Sigit meninjau langsung tempat kejadian bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar sekaligus menjenguk korban bom bunuh diri di Rumah Sakit Immanuel.

News | 10:02 WIB

"Ada petugas di depan polsek, dari selatan ke utara saja satu jalur," kata Deden.

News | 09:57 WIB

Sukabumi, Jawa Barat Kamis (8/12) pagi diguncang gempa bumi.

News | 08:12 WIB

Kapolri langsung menyalami pejabat-pejabat di lingkungan Polda Jawa Barat. Kemudian Listyo masuk ke area Polsek Astanaanyar setelah anggotanya melakukan sterilisasi.

News | 13:39 WIB

Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri Komisaris Besar Aswin Siregar mengatakan penyidik Densus 88 sudah berada di lokasi Polsek Astanaanyar Bandung.

News | 12:33 WIB

Selain itu, dia menambahkan ada delapan orang lain mengalami luka-luka, yang tujuh di antaranya adalah anggota polisi dan seorang warga.

News | 12:20 WIB

Pelaku bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar meninggalkan pesan yang tidak biasa sebelum aksinya dilakukan pada Rabu pagi.

News | 11:20 WIB

Ledakan yang terjadi sekitar jam 08.20 WIB tadi mengakibatkan satu orang terduga pelaku ledakan meninggal dunia dan tiga petugas polisi terluka.

News | 10:33 WIB

Kapolres juga menyiagakan petugas penjagaan komando yang melaksanakan tugas bersifat preventif guna mengamankan markas komando maupun lingkungan sekitar.

News | 10:24 WIB

Meski ditutup, sejumlah warga berhenti dan mendekati penutupan jalan tersebut untuk melihat situasi di kawasan itu.

News | 10:09 WIB
Tampilkan lebih banyak